Buleleng, (Metrobali.com)

Musyawarah Kabupaten (Muskab) Federasi Yongmoodo Indonesia (FYI) Buleleng yang dihadiri Ketua Umum KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja dan Ketua Harian Pengprov FYI Bali, Gede Agra Kumara bersama Sekretaris Umum Imanuel Junyora menjadikan Dewa Gede Sugiharto terpilih secara aklamasi untuk memimpin Pengkab FYI Buleleng periode 2022-2027, yang acaranya berlangsung di Ruang Rapat KONI Buleleng, pada Minggu, (5/6/2022).

Ketua KONI Kabupaten Buleleng I Ketut Wiratmaja yang membuka langsung acara Muskab FYI mengatakan untuk masalah pembinaan atlet FYI Buleleng harus bisa menjaring bibit baru. Selain itu pengkab juga harus bisa mencari cara bagaimana agar masyarakt dapat tertarik bergabung dalam cabang olahraga yongmoodo.

“Oleh karena atlet-atlet yongmoodo cukup berprestasi dengan berturut-turut juara umum pada Porprov Bali sebelumnya, kita berharap pengurus FYI Buleleng yang baru ini, bisa memiliki strategi baru agar tetap maksimal dalam setiap ajang,” ucap tegas Wiratmaja.

Terhadap hal ini, Dewa Gede Sugiharto selaku Ketua FYI yang baru terpilih, akan segera bergerak melakukan penjaringan dan pembibitan atlet.

“Untuk strategi, kita akan awali dengan melakukan pembibitan atlet sejak usia dini. Seperti ditingkat Sekolah Dasar (SD).” ujarnya

Menurut Dewa Sugiarto untuk pembibitan atlet, paling bagus dilakukan ditingkat SD. Utamanya yang masih berumur 9-10 tahun. Sebab diusia itu, anak masih bisa diarahkan untuk disiplin berlatih. Sehingga ketika semua maksimal, maka prestasi pun bisa maksimal.

“Apa yang menjadi arahan KONI sudah pasti kita laksanakan, khusunya untuk melakukan penjaringan atlet. Hal itu sudah pasti kita laksanakan sesuai dengan strategi,” jelas Dewa Sugiharto.

Disamping itu, Ia pun merasa bangga bisa menjabat menjadi ketua FYI Buleleng. Apalagi sejumlah prestasi telah ditunjukkan oleh para atlet dan terbaru atlet yang mewakili Buleleng berhasil meraih medali emas.

Baca Juga :
PDIP Inginkan Puspayoga-Sukrawan Menang Pilkada Bali Bermartabat

Dengan melihat prestasi itu dirinya berharap kedepan bisa memberikan hal yang sama atau bahkan lebih untuk Buleleng. Termasuk nantinya bisa meraih medali emas disetiap kelas yang dipertandingkan.

“Harapan saya di Porprov nanti bisa mendapatkan medali emas yang lebih banyak lagi di masing-masing kelas yang dipertandingkan, kendatipun berada Kabupaten Badung yang sebelumnya sempat menjadi lawan berat bagi Buleleng,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Pengprov FYI Bali Gede Agra Kusuma mengapresiasi apa yang telah dipersembahkan oleh Pengkab FYI Buleleng sebelumnya. Namun untuk Pengkab FYI Buleleng yang di nakhodai Dewa Gede Sugiharto diharapkan bisa memberikan yang lebih baik lagi. Mengingat kedepan akan ada pelaksanaa Porprov dan PON yang akan mempertarungkan 12 kelas. Diantaranya 8 kelas putra dan 4 kelas putri.

“Mudah-mudahan FYI Buleleng terus bisa berkembang dan memberikan emas lagi sesuai target yang telah ditetapkan. Apalagi dengan adanya support luar biasa dari KONI Buleleng serta fasilitas untuk latihan atlet sudah memenuhi,” tandasnya. GS