perbaikan Dermaga I

Karangasem (Metrobali.com)-  

Menjelang arus mudik tahun 2014 ini, pelabuhan Padangbai,Manggis,Karangasem melakukan perbaikan di dermaga I. Akibatnya, antrian panjang kendaraan yang akan menyeberang ke pelabuhan Lembar,Lombok,NTB pun tak terelakan. Untuk mengantisipasi kemacetan, Kepolisian Kawasan Laut PelabuhanPadangbai pun melakukan penyetopan kendaraan besar di perbatasan Karangasem-Klungkung, Banjar yeh Malet, agar tidak menumpuk di jalan menuju pelabuhan di ujung timur Bali ini.

 Pantauan Metrobali.com, Sabtu (19/7/2014) tampak sejumlah pekerja melakukan pengelasan di Dermaga I. Menurut Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Padangbai, Arsil mengatakan, perbaikan dermaga I ini diperkirakan akan selesai Senin, (21/7/2014). Perbaikan dilakukan untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan saat arus mudik yang diperkirakan akan mulai padat Selasa depan. “Arus mudik hari Selasa, makanya kita kebut perbaikannya, kontraknya sampai Minggu malam, jadi senin subuh sudah selesai,” ujarnya.

 Pun Arsil mengatakan, perbaikan yang dilakukan ini ada beberapa sarana Dermaga yang sudah rapuh, seperti Grating yang  sudah rapuh. Selain Grating, dermaga I akan ditambah Glagar dermaga sebanyak enam batang yang berfungsi untuk penguatan. Sehingga saat arus mudik nanti, pengguna pelabuhan menjadi nyaman. “Perbaikan ini bagian menjelang arus mudik, kita tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Arsil.

truk menumpuk di padangbai

 Selain itu, meskipun hanya dermaga II yang beroperasi, pihaknya pun mempercepat proses bongkar muat. Biasanya setiap bongkar-muat kapal memerlukan waktu 50-60 menit, untuk saat ini bongkar –muat kapal di perpendek menjadi 30 menit. Hal tersebut agar dermaga tidak terjadi beban terlalu berat. Saat ini, sedikitnya 12 kapal yang beroperasi, dari 26 kapal yang beroperasi. Pun dikatan, untuk arus mudik nanti, sesuai dengan kesepakatan, H-4 menjelang lebaran, truk yang memuat barang untuk sementara akan distop terlebih dahulu sampai tanggal 5 Agustus, baru akan diizinkan melakukan penyebrangan. “Terkecuali membawa sembako baru di izinkan, kalau barang biasa sementara distop dulu, hari ini sebanyak 12 kapal yang beropesari, enam dari pelabuhan lembar, dan enam lagi dari Pelabuhan Padangbai,” katanya lagi.

Baca Juga :
Pesawat AS akan Gunakan Pangkalan Turki untuk Serang IS

 Sementara itu, Kapolsek Kawasan Laut Pelabuhan Padangbai, Kompol I Made Darsana mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di Pelabuhan padangbai, sementara waktu sambil menunggu proses perbaikan dermaga I, kendaraan – kendaraan besar khususnya truk sementara waktu di stop di Yeh Malet,perbatasan Klungkung-Karangasem di tidak dikasi jalan dulu. “Sementara kita stop di perbatasan, agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan,” ungkap Kompol I Made Darsana. BUD-MB