Denpasar (Metrobali.com)-

Banyaknya tempat-tempat kosong yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar membuat Camat Denpasar Barat terus gencar melakukan pembinaan bahkan tindakan tegas dengan melibatkan semua komponen masyarakat. Seperti yang dilakukan salah seorang masyarakat Ngurah Aryawan yang juga Ketua Karang Taruna Denpasar Barat yang telah melaporkan seorang masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Demikian disampaikan Camat Denpasar Bara IB Alit Wiradana saat ditemui di kantornya Senin (9/1).

“Kami sangat berterima kasih dan mengpresiasi masyarakat yang telah turut mengawasi kebersihan lingkungan. Karena untuk menciptakan lingkungan bersih harus melibatkan semua komponen,” ujar Alit Wiradana. Kedepannya Wiradana mengaharapkan kesadaran masayarakat akan terus meningkat dengan turut mengawasi kebersihan lingkungan. Dalam kesempatan tersebut Wiradana juga menyampaikan akan memberikan reward berupa uang sebesar Rp 100.000,- bagi pelapor. Reward ini menurut Wiradana untuk memotivasi masyarakat agar mau turut mengawasi kebersihan lingkungan. Untuk masyarakat yang telah ditangkap membuang sampah sembarangan menurut Wiradana akan diserahkan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Denpasar dan dikoordiasikan denan Dinas Trantib untuk ditindak lanjuti. “Tindakan ini merupakan suatu proses pemberlajaran bagi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan,” ujar Wiradana.

Sementara Ngurah Aryawan yang juga Ketua Karang Taruna Denpasar Barat mengatakan masyarakat yang membuang sampah dipergoki jam 9 malam dengan menggunakan mobil carry. “Setelah memergoki langsung membuang sampah di Gatsu Barat pihaknya langsung melaporkan ke kantor Denpasar Barat,” ujar Aryawan. Tidankan ini dilakukan mengingat dalam pemberitaan Kecamatan Denpasar Barat banyak tempat-tempat kosong dijadikan tempat pembuangan sampah. Untuk pihaknya khususnya Karang Taruna Denpasar Barat merasa terpanggil untuk turut membantu Pemkot Denpasar mewujudkan Denpasar Bersih. Menurutnya kegiatan pengawasan ini tidak hanya sekali ini dilakukan mereka mengaku berkeliling untuk mengawasi tempat-tempat pembuangan sampah. Disamping turut mengawasi pembuangan sampah Aryawan mengaku Karang Taruna Denpasar Barat melaksanakan aksi sosila seperti penghijauan, bersih-bersih serta membantu panti-panti. Khusus untuk mendukugn mewujudkan Denpasar Bersih pihaknya akan terus melakukan sosialisasi ke desa-desa agar masyarakat tergugah turut menjaga kebersihan.

Baca Juga :
China Akan Menghapus Kebijakan Satu Anak

Nyoman Astawa yang kepergok membuang sampah mengatakan baru pertama kali membuang sampah di Gatsu Bara tersebut. Ia mengaku tidak tahu kalau ditempat tersebut dilarang membuang sampah. Nyoman Astawa yang juga pedagang bunga tersebut mengaku sangat mendukung Program Pemerintah Kota Denpasar untuk menwujudkan Denpasar bersih. Namun Ia mengharapkan agar sosialisasi kebersihan lebih gencar dilaksanakan.(Gst_Humas)