Foto: Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Bali Gde Sumarjaya Linggih bersama pengurus Perempuan Jenggala yang menggelar kegiatan vaksinasi dan donor darah pada Sabtu (14/5/2022).

Badung (Metrobali.com)-

Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Bali Gde Sumarjaya Linggih akrab disapa Demer mengapresiasi aksi sosial kemanusia yang dilakukan Perempuan Jenggala dengan menggelar kegiatan vaksinasi dan donor darah pada Sabtu (14/5/2022).

“Saya apresiasi Perempuan Jenggala turut aktif dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan menggelar vaksinasi dan donor darah. Peran serta dan gotong royong dari semua pihak seperti ini memang kita butuhkan agar kita segera bisa lepas dari pandemi,” kata Anggota Fraksi Golkar DPR RI ini.

Untuk diketahui Perempuan Jenggala merupakan jaringan vertikal dari dari Jenggala Center yang dimiliki oleh Jusuf Kalla yang hadir untuk mengedukasi perempuan dan memperjuangkan hak-hak masyarakat sipil.

Dalam kegiatan sosial kali ini, Perempuan Jenggala berkolaborasi bersama Kodam IX/Udayana dalam menggelar acara tersebut. Acara ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kodam IX/Udayana. Adapun sasaran dalam kegiatan yang digelar di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung pada Sabtu (14/5/2022), yakni 1.000 peserta vaksinasi dan 400 peserta donor darah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Irdam IX/Udayana Brigjen Tatan Ardianto. Ketua Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa, Ketua PMI Bali, I Gusti Bagus Alit Putra. Turut hadir  Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, Kepala Dinas Kesehatan Badung dr I Nyoman Gunarta, dan pejabat lainnya.

 

“Kami sebagai organisasi sosial memang fokus di kesehatan masyarakat jadi kami tergerak untuk membantu pemerintah dalam pemulihan pandemi COVID-19,” kata Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky Widyani Kartiwa.

Menurutnya, selain membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi Covid-19 pihaknya juga ingin untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali mendapatkan stok ketersediaan darah yang cukup.

Baca Juga :
Gelar Diskusi Ilmiah Prodi Magister Agribisnis, Guru Besar Ekonomi Pertanian Unud Ajak Petani Ciptakan Produk Agrowisata

Vicky Widyani Kartiwa menjelaskan, dalam penyelenggaraan acara ini pihaknya juga merujuk pada persiapan Bali sebagai tuan rumah KTT G20 tahun 2022 serta pemulihan ekonomi dan kepariwisataan Bali.

“Kita tahu Bali sedang dalam persiapan G-20 dan memang banyak wisatawan dari luar negeri yang datang ke Bali, sehingga ini juga yang menjadikan Bali sebagai prioritas kami,” sebutnya. Menurutnya, sebelum digelar di Bali, Perempuan Jenggala juga menggelar kegiatan serupa di 20 wilayah di Indonesia.

 

Irdam IX/Udayana Brigjen Tatan Ardianto yang turut mendonorkan darahnya mengungkapkan, rangkaian HUT ke-65 ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, seperti ziarah ke taman makam pahlawan, turnamen olahraga, dan lainnya. “Hari ini kami  fokus pada kegiatan donor darah dan vaksinasi booster. Untuk donor darah jumlahnya 300 kantong darah,” terangnya

Dikatakan Irdam, kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan vaksinasi booster ini sejalan dengan upaya dari pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Kegiatan donor darah dan vaksinasi juga digelar juga di NTT dan NTB.


Pihaknya pun berharap di usia 65 tahun pihaknya dapat semakin membantu masyarakat merasa lebih aman, tentram dan melakukan aktifitas seperti biasa mengingat pandemi COVID-19 masih tetap ada. (dan)