Denpasar, (Metrobali.com)

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar, kembali menggelar pameran produk ekspor, bertajuk Gelar Bersama Industri dan Perdagangan Bermutu (Gema Tridatu).  Bertempat di Trans Studio Mall Denpasar, dari tanggal 21 hingga 25 September 2022.

Acara ini sendiri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada IKM/UKM Kota Denpasar yang memiliki potensi ekspor,  untuk mempromosikan produknya secara offline dengan membuka stand. Acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Kota Denpasar AA Gede Risnawan pada Selasa (21/9). Turut mendampingi  saat pembukaan, Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Wakil Ketua Dekranasda Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Selain pameran, kegiatan ini turut pula menampilkan peragaan busana yang membawakan produk  IKM/UKM Kota Denpasar. Usai peragaan busana, dilanjutkan dengan pengukuhan Kelompok Perajin Kain Perca (Lorakaca) Kota Denpasar.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, kegiatan ini bermanfaat untuk  meningkatkan omset pelaku usaha IKM/UKM pasca pandemi covid 19.  “Melalui kegiatan ini kami harapkan dapat  membiasakan para IKM/UKM Kota Denpasar  untuk menggunakan teknologi digital dan pembayaran secara non tunai yaitu QRIS (Quick Response Indonesia Standard). Serta memberikan edukasi kepada pelaku usaha IKM/UKM terkait pentingnya legalitas dalam berusaha,” ujar Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Menurutnya keadaan ekonomi pada saat ini sudah mulai menggeliat.  Seluruh elemen masyarakat  harus saling bahu membahu untuk bersama bangkit, khususnya pelaku usaha IKM/UKM agar tetap eksis dan bangkit.

“Saya harapakan para pelaku UKM agar lebih maju dan bersemangat, agar dapat menarik kembali daya beli masyarakat. Event kreatif seperti ini saya rasa bisa menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan berbelanja,” tambahnya.

Pelaksanan Pameran produk ekspor Gema Tridatu ini, turut mengundang Consulate General dari berbagai negara. Diantaranya adalah Australia, Jerman, Consulate Of The Netherlands, Consulate Of The Sweden, Consulate Of The Denmark, Consulate Of The France, Consulate Agency Of The USA,  Consulate Of The Polland, Consulate Of The Belgium, Consulate Of The Czech Republic, Consulate Of The Hungary, Consulate General Of Japan, Consulate General Of The Republic Of South Korea dan Consulate General Of Norway .

Kadisperidag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari mengungkapkan para pengunjung pameran selain dapat melihat langsung produk yang dipamerkan, juga dapat melihat produk – produk lainnya melalui scan QR Code yang akan langsung tersambung dengan Instagram IKM UKM.

“Ini adalah sebuah terobosan teknologi untuk mengembangkan para pelaku IKM / UKM agar lebih maju dan memudahkan mereka dalam memasarkan produknya,” kata Sri Utari.

Pameran ini melibatkan setidaknya 30 pelaku usaha IKM/UKM Kota Denpasar, yang terdiri dari 12 pelaku usaha kerajinan, 4 pelaku usaha fashion, 7 pelaku makanam dan minuman, 1 pelaku usaha Spa dan 5 pelaku usaha lainnya.

Sumber : Humas Dps

Editor :Sutiawan