Keterangan foto: Upacara peringatan Hari Operasi Lintas Laut Jawa-Bali/MB

Jembrana, Bali

Berkat kegigihan dan semangat patriotisme, nama Kapten Laut Markadi, Komandan “Pasukan M” berkekuatan 4 peleton Tentara Keamanan Rakyat Bagian Laut (TKR Laut) sampai sekarang dikenang dalam Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Nama Markadi juga diabadikan sebagai nama gedung utama Mako Lanal Denpasar di Jalan Raya Sesetan, Denpasar. Bahkan setiap tahun juga dilakukan upacara untuk memperingati dan menghormati jasa luhur Kapten Laut Markadi, dan selalu dihadiri sang istri tercinta Nyonya Oni Markadi bersama rombongan dari Wanita Kawanua Jakarta

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Operasi Lintas Laut Jawa-Bali, Rabu (25/7), adalah Bupati Jembrana I Putu Arta, dan sebagai Komandan Upacara Mayor Mar I Nyoman Suarmika (Pasprogar Lanal Denpasar).

Turut hadir, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, Danlanal Banyuwangi, Dandim 1617/Jembrana, Danyon Mekanis 741/Garuda Nusantara (GN), Kapolres dan Kajari Jembrana, seluruh pimpinan FKPD Kabupaten Jembrana, unsur TNI dan Polri, Satpol PP, Kantor SAR Kab Jembrana, serta ratusan pelajar dari beberapa sekolah di wilayah Jembrana.

Ny R Kasenda mewakili Ny Oni Markadi, istri almarhum Kolonel Markadi beserta rombongan Wanita Kawanua Jakarta juga turut hadir dalam peringatan yang digelar setiap tahun tersebut. Upacara tersebut memang dilakukan setiap tahun untuk mengenang pertempuran laut di Selat Bali yang berlangsung selama 4 bulan (April hingga Juli 1946).

Pada saat itu, pejuang Indonesia yang tergabung dalam Pasukan “M” di bawah pimpinan Kapten Markadi hendak ke Bali menggunakan perahu seadanya dari Banyuwangi. “Dalam pertempuran ini, sejumlah pejuang gugur yang sekarang nama-namanya diabadikan dalam Monumen Lintas Laut Cekik Gilimanuk,” jelas Bupati Putu Artha.

Baca Juga :
Gubernur Harap “Bali and Beyond Travel Fair 2016” Tak Sekedar Ajang Tukar Kartu Nama

Dalam kesempatan tersebut keluarga Markadi beserta Organisasi Wanita Sulawesi Utara (Kawanua) memberikan bantuan berupa bingkisan 50 paket belajar kepada Paud dan TK se-Kab Jembrana. Juga pemberian paket sembako kepada warga miskin tiap kecamatan se-Kab Jembrana, yang secara simbolis diserahkan oleh Pembina Wanita Kawanua Ny R Kasenda dan diterima oleh Bupati Jembrana.

Editor: Hana Sutiawati