Dandim Jembrana Berikan Wawasan Kebangsaan

single-image

Dandim Jembrana Berikan Wawasan Kebangsaan

Jembrana (Metrobali.com)-

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Jembrana mendapatkan pengarahan tentang wawasan kebangsaan dari Dandim 1617/Jembrana, Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok, Selasa (14/8).

Pengarahan diberikan seusai Upacara Bendera memperingati HUT Provinsi Bali ke-60 di tribun Lapangan Pecangakan Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, termasuk pelatihnya.

Dandim dalam penyampaiannya mengatakan bahwa setiap warga Indonesia wajib mengetahui tentang wawasan kebangsaan agar rasa cinta kepada tanah air semakin tinggi.

Moralitas anak bangsa sepuluh tahun kedepan menurutnya sudah bisa dilihat dari sekarang. Indikatornya tampak dari sikap dan ahklak para generesi penerus bangsa ini seperti terjadinya tawuran, tidak hormat pada orang tua, mabuk-mabukan, bahkan menjadi pengguna Narkoba.

Itu semua kata Dandim, merupakan fenomena yang sedang dihadapi bangsa saat ini dan menjadi tugas bersama guna memberantasnya sehingga generasi penerus tidak terkontaminasi oleh sikap dan perilaku yang dapat merusak bangsa.

Pancasila dan UUD 1945 yang merupakan Dasar Negara lanjutnya, merupakan perekat kebangsaan karena semua sudah ada didalamnya seperti cara beragama, dan bagaimana berinteraksi dengan sesama dan lain sebagainya.

“Tidak ada gunanya kita makmur dan modern, namun kehilangan hal yang paling fundamental dan mendasar dari bangsa kita yakni Pancasila dan UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, semangat kesatuan dan persatuan serta toleransi” jelasnya.

Kepada generasi muda sebagai penerus bangsa, Dandim meminta untuk tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing dan hendaknya mampu memilah mana yang patut ditiru dan yang tidak, apalagi yang dapat mengancam kesatuan dan persatuan bangsa.

“Berfikir jernih, cerdas, bijak, dan kritis merupakan kunci keberhasilan dimasa mendatang” ujar Letkol Djefri.

Melalui pengarahan tersebut diharapkan generasi muda, khususnya pasukan Paskibraka Jembrana dapat memahami arti hidup dan berjiwa sosial serta dapat menumbuhkan jiwa juang demi keutuhan NKRI.

Baca Juga :
Kuliah Umum, Kembang Ingatkan Generasi Muda Harus Kreatif

Selanjutnya mereka diharapkan dapat menularkan kepada generasi muda lainnya sehingga dapat mengatasi ancaman yang dapat memecah belah keutuhan NKRI, baik yang datang dari luar maupun dalam negeri.

Pewarta : Komang Tole

Editor     : Whraspati Radha

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.