Mangupura (Metrobali.com)-

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2013 di Kabupaten Badung yang dilaksanakan di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Selasa (1/10)  berlangsung secara sederhana, hikmat dan tertib. Peringatan dengan tema “Mewujudkan Nilai Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa” ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika, Ketua DPRD Badung Nyoman Giri Prasta, SKPD di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Badung, Forum Komunikasi daerah Kabupaten Badung, Siswa SD, SMP, SMA, Pramuka, Purna Paskibra serta PGRI. Sebagai Inspektur Upacara Dandim 1611 Letkol ARH. I Made Kusuma Dhyana Graha, SIP sedangkan pembawa ikrar Ketua DPRD Badung Nyoman Giri Prasta.
Disela sela peringatan Dandim Badung Made Kusuma menegaskan bahwa hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tgl 1 Oktober ini adalah merupakan milik bangsa Indonesia dan oleh karenanya selaku anak bangsa maka peringatan apel 1 Oktober ini tentu memiliki nilai sangat penting dan sangat strategis untuk mengingatkan pada kita semua selaku anak bangsa untuk menghormati para pendiri bangsa (founding father) dengan tujuan agar nilai-nilai idiologi Pancasila yang terkandung didalamnya agar benar-benar dapat dihayati dan diamalkan sehingga dapat menjadi kekuatan untuk menanggulangi rongrongan tehadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Made Kusuma juga mengakatan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momentum penting untuk tetap menjaga tegaknya 4 pilar kebangsaan Indonesia yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.
Sementara itu Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Badung A.A. Gede Raka Yuda menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2013 ini sesuai dengan UU RI No 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan, adanya Keputusan Presiden RI No 153 Tahun 1967 Tentang Penetapan Tanggal 1 Oktober sebagai peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Serta surat dari Menteri Sekretaris Negara RI No. B-/080M.Sesneg/D-1/DK.00.01/09/2013 perihal penyelenggaraan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2013 yang ditujukan kepada Pimpinan Lembaga Negara, para menteri, Panglima TNI Kapolri, para pimpinan lembaga pemerintah termasuk Pemerintah Daerah, Gubernur, Bupati dan Walikota agar menyelenggarakan upacara hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2013 dilingkungan kerja masing2 dalam suasana khitmat tertib dan sederhana. Surat ditandatangani langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi selaku ketua panitia.
Raka Yuda juga menjelaskan bahwa Bupati Badung A.A. Gde Agung pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2013 di Kabupaten Badung menunjuk Dandim 1611 Badung selaku inspektur upacara pada peringatan kali ini merupakan wujud terbangunnya sinergi, konektivitas serta terbangunnya suasana kebersamaan di lingkungan FKPD di Kabupaten Badung. Dalam kerangka itu pula Bupati Badung telah menetapkan kebijakan bahwa dalam peringatan hari-hari besar nasional tertentu akan ada penugasan selaku irup secara bergiliran pada peringatan hari2 besar tertentu di Kabupaten Badung. Jadi semua ini dilakukan oleh Bupati Badung semata-mata untuk mewujudkan terbangunnya suasana kebersamaan, kerjasama yang padu dan serasi di lingkungan segenap stakeholder pembangunan di Kabupaten Badung, “pungkasnya. TAR-MB
Baca Juga :
Razia Gabungan di Deejay Club, Kuta, Amankan Wisatawan Asing dan Pengedar Ratusan Ekstasi