Denpasar (Metrobali.com)-

Sejumlah Fraksi di DPRD Provinsi Bali kembali memberi apresiasi atas berbagai program Bali Mandara yang selama ini telah dilaksanakan Gubernur Bali Made Mangku Pastika beserta jajarannya. Fraksi PDIP melalui juru bicaranya I Made Arjaya secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Mangku Pastika atas berbagai program pro rakyat seperti JKBM, Bedah Rumah dan Simantri. Hal tersebut disampaikannya pada Sidang Paripurna yang mengagendakan Pandangan Umum Fraksi terkait RAPBD Provinsi Bali 2013 dan Rancangan Perubahan Atas Perda Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Penyertaan Modal Daerah di Ruang Sidang Utama DPRD Bali, Selasa (16/10).

Menurutnya, berbagai program tersebut sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Khusus untuk program JKBM, FPDIP mendorong Gubernur untuk mengembangkan dengan layanan cuci darah gratis seumur hidup bagi masyarakat yang memerlukan. Program bedah rumah yang terus digenjot oleh Gubernur Mangku Pastika juga mendapat perhatian FPDIP. Program bedah rumah ini diharapkan mampu menjangkau lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, Program Simantri juga dinilai punya andil besar dalam membangkitkan dan mengembangkan sektor pertanian. “Karena itu, kami berharap agar berbagai program tersebut bisa dilanjutkan,” imbuhnya. IKA-MB

Khusus mengenai RAPBD 2013, FPDIP mendesak agar Pemprov Bali memberi porsi anggaran yang lebih ideal penanganan infrastruktur. Karena, ketersediaan infrastruktur yang memadai merupakan salah satu prasyarat dalam memajukan perekonomian Bali. Selain itu, FPDIP berharap agar Pemprov Bali memberi perhatian pada pengembangan Trans Sarbagita dan penghijauan hutan kritis.

Sementara itu, Fraksi Partai Golkar dalam pandangan umumnya yang dibacakan IB Gd Udiyana menilai kalau Pemprov Bali telah melakukan berbagai upaya dalam pengentasan kemiskinan. Pun demikian, FPG terus mendorong pihak eksekutif untuk melakukan upaya berkelanjutan dalam penanganan kemiskinan. Terkait dengan gambaran umum RAPBD 2013, FPG minta agar pihak eksekutif lebih efektif, efisien dan tepat sasaran dalam pemanfaatan anggaran.

Baca Juga :
Legislator Minta Pembahasan Anggaran di Banggar Transparan

Sementara Fraksi lainnya seperti Demokrat, Benteng Indonesia Raya dan Mandara Jaya juga berharap agar berbagai program yang dilaksanakan dimaksimalkan pelaksanaannya pada tahun 2013 mendatang.