Puan maharani 1

Denpasar (Metrobali.com)-

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menuturkan jika program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) memberikan kontribusi positif bagi pembangunan sosial di Indonesia.

Menurut dia, CSR harus diupayakan menjadi program sistematis kepada masyarakat untuk pembangunan sosial. Tujuannya tidak lain adalah pengentasan kemiskinan. CSR berpotensi besar dapat dimanfaatkan untuk memperkuat upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan,” kata Puan saat menjadi pembicara kunci atau keynote speaker dalam acara Asean Next Generation CSR Forum di Nusa Dua, Bali, Kamis 5 Februari 2015.

Sejauh ini, ia melanjutkan, sejumlah industri telah menyalurkan dana CSR untuk pembangunan infrastruktur, pembangunan sosial dan pengembangan masyarakat di pedesaan.

Puan berharap ke depan program CSR dapat diarahkan kepada program pemberdayaan bagi masyarakat setempat dalam bentuk keuangan mikro, peningkatan fasilitas kesehatan, perumahan, air dan sanitasi, serta pertanian dan kehutanan.

Ia berharap perusahaan dapat dengan serius menjalankan program CSR sesuai kebutuhan masyarakat setempat. Apalagi, jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 255 juta jiwa dan tinggal di sekitar 17 ribu pulau di seluruh Nusantara masih banyak yang sulit diakses.

Puan menjamin pemerintah akan memberikan apresiasi positif kepada perusahaan yang berbisnis di Indonesia dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Ke depan, menurut Puan akan ada banyak inisiatif pemerintah yang dapat dikembangkan bersama-sama dengan program CSR. “Kolaborasi gotong royong membangun bangsa antara pemerintah, swasta dan masyarakat ke depan diarahkan pada kemandirian masyarakat dalam mengelola sumber dayanya, yaitu manusia, budaya, alam dan lingkungan hidup,” tutup Puan. JAK-MB

Baca Juga :
Bali Koordinasikan Pembebasan TKI Buleleng yang Ditangkap FBI