Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE MM, menghadiri sekaligus mengapresiasi kegiatan dalam rangka Penutupan Bulan Bung Karno III Tahun 2021 Provinsi Bali di Gedung Ksirarnawa Art Centre, Denpasar, Rabu, (30/6).

 

Tabanan (Metrobali.com)-

 

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE MM, menghadiri sekaligus mengapresiasi kegiatan dalam rangka Penutupan Bulan Bung Karno III Tahun 2021 Provinsi Bali di Gedung Ksirarnawa Art Centre, Denpasar, Rabu, (30/6).

Menurutnya Pelaksanaan peringatan Bulan Bung Karno ini sangat positif dilaksanakan rutin setiap tahun untuk meningkatkan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk terus menginternalisasikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dan ajaran-ajaran Bung Karno secara nyata, sesuai dengan kearifan lokal Sat Kerthi dan budaya Bali untuk memperkuat, memperkokoh jati diri, integritas serta ketahanan adat dan budaya Bali.

Kegiatan penutupan Bulan Bung karno Provinsi Bali Tahun 2021 saat itu juga dihadiri oleh Gubernur Bali yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Provinsi Bali, Forkopimda Bali, Bupati/Walikota se-Bali atau yang mewakili, Bendesa Agung MDA Bali, Parisadha Bali, perangkat Daerah terkait dan undangan lainnya.

“Dengan Tema Wana Kerthi Taru Pranya Buwana yang bermakna hutan pohon sebagai nafas bumi dimana didedikasikan terkandung makna yang sangat dalam, yakni semangat dan inspirasi perjuangan Bung Karno untuk bangsa Indonesia laksana keberadaan pohon bagi kehidupan,” Jelas Sekda Dewa Indra dalam sambutan pembukannya saat itu.

Lebih lanjut, mewakili Gubernur Bali dan Pemprov Bali Ia mengucap syukur meskipun di dalam masa pandemi ini bisa melaksanakan kegiatan ini dengan sehat dan penuh semangat, sekaligus mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan yang hadir di tengah-tengah kegiatan.

Sebagaimana kita ketahui, Bahwa Bung Karno adalah sebagai Bapak Proklamator dan pemimpin perjuangan pergerakan Bangsa Indonesia menuju Indonesia merdeka. “Beliau pemimpin pergerakan yang luar biasa, Beliau mengimajinasi seluruh bangsa di daerah serta kepedulian yang diberikan setelah kemerdekaan tercapai melalui perjuangan yang sangat berat,” ujarnya.

Baca Juga :
APBD 2022 Badung Dirancang Rp 2,9 Triliun, Wayan Suyasa: Ini yang Rasional

Hal itulah dikatakannya pergerakan yang sangat luar biasa dari Bung Karno yang membangkitkan semangat dan membawa Indonesia memiliki kedudukan yang terhormat di Dunia. Selain itu, Beliau juga punya misi menyatukan dua benua di Dunia, sehingga kemampuannya tidak bisa diragukan lagi.

“Dan hari ini kita peringati dengan Bulan Bung Karno melalui ideologi yang sangat familiar, yakni Trisakti Bung Karno, Berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, berkepribadian dalam budaya. Itu baru satu dari Bung Karno dan diluar itu masih banyak lagi,” urainya.

Oleh karena itu, peringatan ini dikatakannya bukan hanya sebagai apresiasi perjuangan Bung Karno tetapi juga sebagai bentuk komitmen untuk terus melanjutkan dan mengimplementasikan ideologi-ideologi dan ajaran-ajaran Bung karno dalam hidup berbangsa dan bernegara, sehingga mampu menginspirasi seluruh generasi muda di Bali.

 

Sumver : Humas Pemkab Tabanan