Denpasar, (Metrobali.com)

Guna mencegah perkembangan nyamuk penyebab Demam Berdarah, khususnya di wilayah Denpasar Selatan, Puskesmas III Denpasar Selatan gelar gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Banjar Panti Gede, Desa Pemogan pada Kamis (22/12).

Gerakan ini diikuti oleh Kader Jumantik, Koordinator Jumantik, dan Pemegang Program DBD Puskesmas III Densel serentak  di masing-masing Banjar di Desa/Kelurahan di Denpasar Selatan. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin yang  dilakukan oleh Kader Jumantik setiap minggu, yang  menyasar satu Banjar di satu Desa, dengan melakukan pemeriksaan tempat penampungan air, pemberian Larvasida/Abate, dan penyuluhan kepada warga yang dikunjungi terkait mencegah dan penanggulangan Demam Berdarah

Adapun tujuan gerakan ini adalah untuk memantau keberadaan tempat penampungan air yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegipty, serta meningkatakan partisipasi  untuk aktif dalam pencegahan dan penanggulangan kasus Demam Berdarah dengan kegiatan 3M + di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Kepala UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan, drg. Putu Judy Satyawati Sudarmo mengatakan, dengan diadakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, baik di dalam maupun di luar rumah serta aktif menjadi Jumantik (Jumantik mandiri) bagi keluarga dan rumah sendiri.

Sumber : Humas Dps

Editor : hana