cat rumahJakarta (Metrobali.com)-

Akhir pekan tidak hanya dimanfaatkan untuk pergi liburan. Beberapa orang memilih menghabiskan waktu untuk membersihkan rumah. Merapikan dan membersihkan rumah masih sering dilakukan oleh istri saja sedangkan suami bersantai. Sesekali Anda bisa mengajak pasangan untuk membantu membereskan rumah kalian. Namun tidak dengan kata-kata kasar atau marah, coba dengan cara yang lembut. Berikut tips mengajak suami membersihkan rumah di akhir minggu.

1. Minta Tolong dengan Lembut dan Penuh Hormat
Ketika Anda meminta suami membantu, katakanlah secara halus dan pelan-pelan. Jangan menyuruh pasangan sambil marah-marah. Jika hal tersebut dilakukan, suami malah kesal dan tidak akan menolong Anda karena merasa tidak dihargai oleh pasangannya. Coba bilang apa yang Anda inginkan dengan signifikan dan buat dia merasa dihormati. Jelaskan semua yang Anda perlukan agar pasangan mengerti serta tidak salah dalam bertindak.

2. Ajak Gotong Royong
Tidak semua pekerjaan ibu rumah tangga dapat dikerjakan sendirian. Terkadang, ada masalah rumah yang harus dikerjakan bersama pasangan. Terbuka saja minta tolong suami untuk membantu Anda. Misalnya, ketika membereskan rumah, Anda meminta suami memindahkan sofa karena ingin membersihkan lantainya. Atau hal kecil sekalipun, seperti memasang bola lampu juga dapat dilakukan bersama-sama. Kerjasama yang baik antara Anda dan pasangan membuat hubungan kalian semakin harmonis.

3. Berikan Dia Latihan
Tidak semua pria bisa melakukan pekerjaan rumah. Oleh karena itu tidak ada salahnya memberinya pelatihan. Namun perlu diingat bahwa Anda harus tetap menghormatinya bukan menyuruh pasangan sesuka hati. Psikolog sosial dari Rutgers University, Susan Newman, Ph.D., menyarankan untuk memastikan pasangan tahu step by step-nya.

Sebagai contoh, pasangan mungkin tidak biasa mencuci baju. Anda bisa memberitahukannya mulai dari cara memisahkan busana berwarna cerah dan gelap, takaran memberikan deterjen, hingga mengeringkannya.

Baca Juga :
Mendahului Kendaraan, Mobil Inova Jatuh Kejurang Di Yeh Ketipat, Wanagiri, Tidak Ada Korban Jiwa

4. Diskusikan Dahulu Sebelumnya
Perubahan dekorasi rumah bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda dan pasangan. Ada kalanya, Anda butuh suasana baru yang dapat menciptakan energi positif di rumah. Diskusikan dahulu tiga atau empat hari sebelumnya. Dengarkan dan hargai pendapat pasangan walaupun Anda kurang setuju. Kemudian, mulailah merealisasikan rencana yang telah dibuat berdua. Dengan begitu, pasangan akan puas dan merasa senang setelah semuanya selesai dengan baik.

5. Ucapkan Terima Kasih
Setelah menyelesaikan pekerjaan rumah bersama, tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pasangan. Anda juga bisa tunjukkan rasa terima kasih dengan memasak makanan spesial favoritnya atau berikan ciuman hangat setelah dia selesai melakukan tugasnya. Ungkapkan bahwa kontribusinya sangat membantu Anda. Katakan pula bahwa Anda tidak mampu mengerjakan semuanya sendiri dan lebih baik bekerja sebagai satu tim agar lebih cepat selesai. Sumber : Wolipop