Jembrana (Metrobali.com)

 

Sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kabupaten Jembrana dalam meningkatkan semangat petani agar lebih meningkatkan hasil pertanian dan perkebunannya, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan insentif kepada ratusan kelian/pasekeh subak se-kabupaten Jembrana yang tergabung dalam paiketan pasikian subak se-kabupaten Jembrana.

Adapun insentif yang diberikan kepada 231 kelian/pasekeh subak dengan nilai Rp. 500.000/bulan dan total anggaran Rp. 1.386.000.000. Termasuk keikutsertaan sebagai peserta dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Penyerahan berlangsung usai dilakukan pengukuhan terhadap majelis madya subak dan majelis alit subak masing – masing kecamatan di kabupaten Jembrana masa bhakti 2021-2026, Selasa (22/3) di Wantilan Pura Jagatnata. Pelantikan dilakukan oleh Majelis Utama Subak Provinsi Bali Pande Gede Sudasta.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba usai kegiatan menyampaikan sebagai partner pemerintah tentu peran dari subak sangat penting mengingat saat ini sedang mempersiapkan kebutuhan pangan dalam mempersiapkan Jembrana tahun emas 2026 kedepan. “Maksudnya ini adalah pentingnya peran subak dalam hal ini petani dalam menyediakan kebutuhan sayur, ikan hingga buah – buahan. Mulai sekarang kita akan kawal terus dan kita juga sudah siapkan anggaran dan pendampingan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas mutu serta tentu untuk kesejahteraan petani kita,”ujarnya.

Sementara terkait dikukuhkannya majelis subak kabupaten Jembrana, dirinya berharap bisa memfasilitasi urusan dan kepentingan petani. “Peran majelis subak ini nantinya diharapkan bisa membantu petani bisa bekerja lebih teratur, terukur dan terencana dalam melakukan persiapan rencana pola tanam. Sehingga petani mampu meningkatkan hasil produksinya,”pungkasnya. (RED-MB))

Baca Juga :
Penumpang di Pelabuhan Ketapang Meningkat Jelang Nyepi