Jembrana (Metrobali.com)-
Berbagai event ramaikan perayaan HUT Kota Negara yang ke-127, mulai dari kesenian, pameran hingga otomotif, salah satu diantaranya Kejurnas “Negaroa Bahagia Wisata Rally 2022” yang merupakan event otomotif rally wisata berkelas nasional yang digelar IMI (Ikatan Motor Indonesia) yang bersinergi dengan pemerintah kabupaten Jembrana.
Sebanyak 57 peserta reli se-Indonesia, termasuk diantaranya Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna yang ikut serta, dilepas langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba di titik start finish Angkringan Negaroa Bahagia, kecamatan Negara, sabtu (13/8).
Seperti namanya rally wisata atau reli wisata adalah ajang otomotif fun yang bertujuan mengenalkan atau mengingatkan kembali para peserta akan marker atau penanda berupa landmark, mulai bangunan sampai bentang alam. Untuk mencapainya perlu membaca soal dari panitia, yang ditulis dalam bentuk peta tulip maupun kalimat, yang tersedia di sederet pos penyelenggaraan.
Bupati I Nengah Tamba usai melepas para peserta rally mengaku event Wisata Rally ini bisa terselenggara di kabupaten Jembrana berkat negosiasinya dengan Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo. “Ya kita negosiasi agar bisa dilaksanakan di kabupaten Jembrana. Karena event ini jadi rebutan kabupaten, kota dan provinsi. Dan astungkara hari ini kita bisa berbangga hati kabupaten Jembrana bisa terpilih sebagai tuan rumah,”kata Tamba.
Pihaknya berharap dengan terselenggaranya rally nasional di Jembrana akan sangat berdampak pada kabupaten Jembrana akan lebih dikenal lagi di nasional.  “Tadi sudah kita lihat, ada 57 peserta rally nasional yang hadir disini. Dan saya yakin itu akan membuat nama Jembrana akan semakin digaungkan di nasional sehingga nama Jembrana nantinya akan menjadi barometer otomotif nasional,”harapnya.
Sementara I Kadek Joni Asmara Adi Putra selaku Ketua IMI Korwil Jembrana menyampaikan Kejurnas Wisata Rally Putaran 2 ini diperlombakan beberapa kategori kejuaraan di antaranya kejuaraan umum (overall) nasional, kejuaraan seeded B nasional, kejuaraan non seeded/pemula nasional dan lokal. Kemudian kejuaraan wanita, kejuaraan team Club, dan juga kejuaraan khusus OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana. “Ada 57 peserta yang ikut serta. Seluruh peserta menempuh rute mengelilingi kabupaten Jembrana dengan potensi wisatanya. Karena ini sifatnya fun, jadi rute sendiri diberikan panitia kepada peserta berupa soal semacam teka – teki yang dipakai petunjuk mencari rute rally itu sendiri,”ucapnya.
Senada dengan Bupati, dirinya optimis event ini dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian di kabupaten Jembrana. “Karena sedari awal kita ikuti, jadi kita tahu dampaknya terhadap peningkatan perekonomian. Itu terlihat dari hotel – hotel yang ada di Jembrana sudah full booked (penuh) sejak menjelang event rally ini berlangsung.Tentu harapan kita dengan event ini dapat mengenalkan pariwisata yang ada di kabupaten Jembrana, yang nantinya berimbas pada meningkatnya perekonomian,”pungkasnya.(Humas Pemkab Jembrana)
Baca Juga :
Jalan Pariwisata di Pemaron Rusak Parah, PU Alihkan Kedesa