Jembrana (Metrobali.com)
Momentum Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 dan Hari Anak Nasional di Kabupaten Jembrana diisi dengan Pengukuhan Forum Anak Daerah dan Duta Generasi Berencana (GenRe) yang dikukuhkan langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bertempat di Angkringan Negaroa Bahagia, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Sabtu (23/7) malam.
Peringatan harganas bertepatan dengan hari Tumpek Kelurut yang juga merupakan hari kasih sayang khususnya di Bali.  Turut hadir Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna, Sekda Kabupaten Jembrana I Made Budiasa, Para Asisten Setda kabupaten Jembrana, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana, serta Kepala Dinas PPAPPKB Kabupaten Jembrana.
Dihadapan warga dan anak-anak muda yang hadir dalam acara tersebut, Bupati Tamba menyampaikan Forum Anak Daerah dan Duta GenRe menjadi salah satu bentuk pemenuhan hak anak berpartisipasi dalam pembangunan.
Diharapkan anak-anak muda aktif sebagai pelopor dalam pencegahan stunting di masyarakat. Peran generasi muda lebih jauh agar   mampu menjadi sumber informasi tentang pentingkan perencanaan dalam berkeluarga, terutama dalam perencanaan pernikahan dini.
“Anak muda menjadi kader-kader mencegah stunting di masyarakat, salah satu caranya adalah dengan perkawinan yang direncanakannya,”ujar Tamba.
Bupati berharap   anak-anak muda  menyebarluaskan informasi bahwa kawin pada usia dini yang tidak direncanakan dengan baik akan sangat memungkinkan melahirkan generasi yang juga tidak sempurna.
Lebih lanjut, pihaknya menegaskan kepada para orang tua agar dapat memberikan edukasi kepada anak-anaknya tentang pentingnya perencanaan dalam berkeluarga guna menghindari lahirnya generasi-generasi yang stunting.
“Kepada orang tua juga yang hadir pada hari ini agar menjaga dan memberikan nasehat kepada anak-anak kita semua. Penting juga bagi kita sebagai orang tua untuk memberikan pendidikan awal terhadap generasi kita, jangan sampai mahkota yang lahir di keluarga kita menjadi generasi yang stunting,” tegas Bupati Tamba.
Bupati Tamba turut sampaikan apresiasinya kepada anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Daerah dan Duta GenRe, ia berharap ilmu yang didapatnya dapat diterapkan dan disebarluaskan serta mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.
”Saya berterima kasih sekali karena kalian telah dilatih sebagai relawan,  mudah-mudahan pendidikan ini akan memberikan manfaat bagi kalian dan masyarakat,”tandasnya
Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana ( PPPAPPKB ), Ni  Kade Ari Sugianti, menjelaskan tujuan diperingati Hari Keluarga Nasional  untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat,  akan pentingnya memiliki keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera.
Ditambahkan Ari Sugianti, Di tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Jembrana  berhasil menerima beberapa penghargaan rangkaian kegiatan HARGANAS .
Baik itu,ditingkat Provinsi dan tingkat Nasional.
Diantaranya ,
Teladan Terbaik III Nasional kategori PLKB Non PNS;
Teladan Terbaik III Nasional Kategori Kader IMP; serta lima  Besar Teladan Terbaik Tingkat Nasional kategori Pasangan KB Lestari 20 Tahun.(Humas Pemkab Jembrana)
Editor : Sutiawan
Baca Juga :
Gubernur Bali Wayan Koster Tutup Festival Seni Bali Jani II "Candika Jiwa Puitika Atma Kerthi"