Bupati Tabanan Rakor Bersama Menko Marinves Koordinasikan  Ketersediaan Oksigen di Tabanan

metrobali
single-image

 

Tabanan  (Metrobali.com)-

 

 Ketersediaan tabung oksigen saat ini menjadi kendala di Kabupaten Tabanan. Terkait hal tersebut, Pemkab Tabanan melakukan berbagai upaya dalam penyediaan oksigen. Permasalahan ini mengemuka dan dibahas Pemerintah Pusat dalam Rakor Langkah Intervensi untuk penurunan Tingkat kematian Akibat Covid-19 di Jawa bali yang dipimpin oleh Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan, Rabu, (21/7).

Kegiatan Rakor yang dilaksanakan secara virtual tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Daerah, yakni Gubernur dan Bupati/Walikota se-Pulau Jawa-Bali, termasuk Bupati Tabanan yang saat itu didampingi Sekda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

“Kendala saat ini di Kabupaten Tabanan adalah ketersediaan tabung oksigen dan regulatornya. Hal tersebut terjadi karena melonjaknya kasus positif Covid-19 di wilyah Pulau Jawa-Bali, termasuk di Kabupaten Tabanan beberapa pekan ini,” ujar Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM.

Ia juga menegaskan, bahwa kelangkaan oksigen ini terjadi di seluruh Kabupaten/Kota di Bali dan telah dilaporkan ke Pemerintah Pusat dan telah mendapat perhatian serius dari Pemerintah Pusat. Jadi ini adalah permasalahan Nasional, bukan hanya di Tabanan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Ia juga mengakui telah berkoordinasi secara langsung dengan Gubernur Bali terkait dengan kelangkaan oksigen tersebut. Disamping itu juga telah berkoordinasi dengan Kadiskes Provinsi Bali. Saat ini, untuk masalah kelangkaan oksigen sudah ditangani oleh Satgas Oksigen Provinsi Bali.

Semua RS Pemerintah dan Swasta wajib melaporkan pemakaian dan sisa stok setiap harinya melalui sistim online kepada Satgas dan Satgas yang akan menyetujui pendistribusian oleh supplier.

Pemerintah Pusat melalui Menko Marinves dalam rapat virtual dengan Kepala Daerah se-Jawa-Bali tersebut mengatakan, akan melakukan langkah-langkah strategis terkait dengan kendala yang dihadapi oleh seluruh Kabupaten/Kota, sekaligus memberikan arahan terkait permasalahan tersebut.

Baca Juga :
Penderita Virus Mers-CoV Meninggal di Sanglah

Menindak lanjuti arahan Menko Marinves, Pemkab Tabanan melalui berbagai pihak terkait sedang berusaha memenuhi kebutuhan oksigen dan Pemkab selalu berkoordinasi secara serius dan intensif baik dengan Pemerintah Provinsi maupun dengan Pemerintah Pusat dalam hal penanggulangan pandemi Covid-19.  (RED-MB)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.