Klungkung (Metrobali.com)-
Seiring perkembangan pariwisata di Nusa Penida, Pemerintah Kabupaten Kungkung melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja meyelenggarakan kegiatan pemberdayaan berupa pelatihan keterampilan spa. Pelatihan telah dilaksanakan selama 5 (lima) hari dan ditutup oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pada Kamis (28/7) siang. Penutupan pelatihan sekaligus diresmikannya WIRA USAHA COCO TREE SPA pertanda mulai operasinya spa binaan dinas yang berada di Jalan Tanjung Akuh, Dusun Sebunibus, Nusa Penida.
Bupati Suwirta meyakinkan masyarakat Nusa Penida, bahwa di Nusa Penida banyak memiliki potensi, tenaga, memiliki SDM yang bisa digerakkan. Salah satunya menjadi therapist. “Mari kita buktikan, bahwa tenaga SPA yang dilatih adalah untuk SPA yang memberikan pelayanan kebugaran,” ajak Bupati Suwirta.
Bupati Suwirta mengharapkan agar konsisten dalam menjalankan usaha. Tingkatkan terus kemampuan yang dimiliki. Dalam layanan dapat menggunakan aroma dari bahan-bahan alami atau produk lokal misalnya garam Kusamba. Yang tidak kalah penting, perkenalkan usaha melalui promosi yang efektif, gunakan media sosial dan sarana lainnya.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Wayan Sumarta menyampaikan bahwa Kegiatan pelatihan bersumber dari APBD, kegiatan Pembekalan ini bertujuan untuk menggali potensi masyarakat Desa Sakti Kecamatan Nusa Penida. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 15 orang peserta, dengan jangka waktu pelatihan 5 hari. Dan setelah dinilai oleh instruktur maka 8 orang dinyatakan layak dibagian SPA sedangkan 7 orang peserta pelatihan dinilai belum memenuhi syarat untuk terjun ke usaha SPA.
Dalam acara tersebut, Bupati Suwirta menyerahkan Sertifikat Standard Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, dan Nomor Induk Berusaha (NIB) serta bantuan alat dan bahan wirausaha SPA sebesar Rp. 52.500.000,- kepada Ni Komang Mudiartini selaku pelaku usaha.
Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Nusa Penida Komang Widiasa Putra Perbekel Desa Sakti I Ketut Partita, serta undangan terkait lainnya.
Sumber : Humas Pemkab Klungkung
Baca Juga :
PBI Bali Siap Sukseskan Kongres Berkebaya Nasional 2021, Berkebaya Representasi Jati Diri Perempuan Indonesia