Klungkung, (Metrobali.com)

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) Bagi Pokja Pug, KA. SUB. BAG. Perencanaan dan Kaur Perencanaan Desa di Kabupaten Klungkung Tahun 2022 bertempat di Ruang Rapat Bhineka Guna Praja Kantor Camat Klungkung, Senin (30/5).

Bupati Suwirta dalam arahnya mengatakan kesetaraan gender tidak boleh dianggap remeh dan tidak hanya sebagai selogan saja. Perempuan dan laki-laki harus berbagi tugas, kesetaraan gender dimulai dari keluarga. “hari ini sayang berikan penekanan dan penguatan, perempuan mengambil peran dengan tidak membedakan dia sebagai perempuan maupun sebagai laki-laki,” ujar Bupati Suwirta

Pihaknya juga berharap melalui pelatihan ini dapat memberikan pemahaman kepada Aparatur Pemerintah Daerah tentang isu-isu gender sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Klungkung.

Semwntara Ketua Panitia, Putu Anika Sutawija mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman isu-isu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi OPD,  meningkatkan kesetaraan dan keadilan dalam kedudukan, peranan dan tanggung jawab laki-laki perempuan sebagai insan dan sumberdaya pembangunan, wujudkan perencanaan berperspektif gender melalui pengintregrasian pengalaman aspirasi, kebutuhan dan potensi serta penyelesaian masalah laki-laki dan perempuan.

Lebih lanjut dijelaskan kegiatan diikuti dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang terdiri dari KA. SUB.BAG perencanaan sebanyak 23 Orang, Kaur Perencanaan Desa sebanyak 27 orang. “Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 30-31 Mei 2022 dengan narasumber A.A Rai Kartini, I Nyoman Widiartha, dan Nyoman Andika Triadhi,” ujar Putu Anika Sutawija

Turut hadir Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Camat Klungkung, I Putu Arnawa dan undangan terkait lainnya. (HUMASKLK/YANDE)

Baca Juga :
Dua Perempuan Tanggapi Larangan Mengenakan Cadar