Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri Musyawarah Cabang (MUSCAB) Indonesian Chef Association (ICA) Badan Pengurus Cabang (BPC) Klungkung ke-1 yang bertempat di SMK PGRI Klungkung, Sabtu (10/9).

Klungkung, (Metrobali.com)

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengajak ICA BPC Klungkung untuk mengembangkan jenis kuliner yang diolah dari bahan-bahan hasil Sumber Daya Alam yang ada di Kabupaten  Klungkung.

Bupati Suwirta Mengharapkan ICA dapat terus berinovasi menciptakan berbagai jenis masakan baru, karena dengan berinovasi, maka sektor hulu, seperti perikanan dan pertanian akan terus mengalami perkembangan dalam menciptakan maupun mencari bahan makanan yang dapat diolah.

 

Mengenai bahan olahan dari ikan,  bupati Suwirta menyarankan agar ICA BPC Klungkung dapat mencoba mengolah berbagai jenis ikan yang terdapat di Nusa Penida, dimana Nusa Penida sudah mendapatkan predikat sebagai Kawasan Konservasi Perairan (KKP) yang memiliki keanekaragaman jenis ikan. mengenai ruang, Pemkab akan mempersiapkan ruang untuk ICA dalam melakukan inovasi.

“Mari jalin koordinasi dan kerjasama yang baik antara ICA dengan Pemkab Klungkung dalam rangka mengembangkan kuliner Klungkung”, ujar Bupati Suwirta.

 

Ketua Panitia Chef Putu Martawan menyampaikan bahwa dalam Penyelenggaraan MUSCAB ICA BPC Klungkung ke – 1 berjalan dengan lancar, dan dalam pelaksanaan Muscab ini juga diadakan pemilihan Ketua ICA BPC Klungkung periode 2022-2026 dan yang terpilih sebagai ketua yakni Chef I Made Yogi Suarjana  menggantikan Ida Bagus Gde Desimarta, S.Pd.,M.Si.

 

Ketua ICA Badan Pengurus Daerah (BPD) Bali, Chef Hendra Mahena mengapresiasi Pemkab Klungkung yang sudah mendukung melalui menyediakan tempat untuk ICA BPC Klungkung dalam membina dan membudidayakan lokal produk kuliner Kabupaten Klungkung.

Chef Hendra Mahena berpesan kepada Ketua ICA BPC Klungkung I Made Yogi Suarjana agar mainsetnya terbuka, apabila ada masukan dari Pemerintah dapat diterima dengan baik, agar dikoordinasikan ke bawah dan dikomunikasikan ke atas.

Baca Juga :
Dua Warga Tewas dan Dua orang Lagi Luka-luka Tertimpa Pohon Tumbang

 

Dalam Muscab tersebut, Bupati Suwirta menyerahkan secara simbolis Bendera ICA kepada Chef I Made Yogi Suarjana sebagai tanda pelantikan Ketua ICA BPC Klungkung periode 2022-2026.

Turut hadir dalam acara MUSCAB tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, Anak Agung Gede Putra Wedana, dan undangan terkait lainnya. (Humasklk/Cok).