Kuta (Metrobali.com)-

Guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan yang mengunjungi obyek wisata pantai di Kabupaten Badung, Pemerintah Kabupaten Badung kembali melengkapi pasukan Balawista Badung dengan sebuah Mobil Ambulance. Mobil Ambulance ini memiliki arti yang sangat penting dalam upaya pertolongan pertama terhadap kecelakaan di pantai. Penyerahan mobile ambulance dilakukan langsung oleh Bupati Badung A.A. Gde Agung kepada Kadis Pariwisata Badung Cokorda Raka Darmawan yang selanjutnya diserahkan kepada Balawista Badung di Puspem Badung, Senin (12/11) kemarin. Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati I ketut Sudikerta dan Sekda Badung Kompyang R Swandika tersebut dirangkaikan dengan pelepasan atlet peserta kejuaraan Life Saving Championship yang akan berlaga di Adeliade-Australia pada 13-19 Nopember mendatang.

Bupati Gde Agung mengatakan, keberadaan balawista sangatlah strategis sebagai pengaman obyek wisata pantai di Badung yang panjangnya kurang lebih 82 km. “Pariwisata tidak cukup menyajikan keindahan pantai saja, namun bagaimana kita bisa mengamankan para pengunjung dalam berwisata di pantai. Bila kita lengah dalam melakukan pengamanan akan menurunkan grade kita di mata dunia internasiolan khususnya wisatawan penikmat wisata tirta,” kata Bupati seraya menambahkan. Untuk itu dibutuhkan balawista yang handal, sigap, tepat dan cermat dalam menangani kecelakaan di pantai. Sumber daya manusia yang handal juga harus dilengkapi perlengkapan yang memadai seperti mobil ambulance ini.

Pemerintah Kabupaten Badung berkewajiban untuk menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan oleh balawista. Diharapkan penambahan lagi satu mobil ambulance yang cukup lengkap ini dapat membantu tugas-tugas pasukan balawista dalam memberaikan pertolongan pertama bila terjadi musibah di pantai. “Kami yakin balawista Badung memberikan yang terbaik bagi para wisatawan, karena kami akui balawista Badung adalah balawista yang paling handal di bali bahkan di nusantara, karena sudah memiliki nama dalam kejuaraan internasional. Disisi lain mengenai keikutsertaan tim Balawista Badung pada kejuaraan Life Saving Championship di Australia, Bupati mengharapkan melalui kejuaraan ini akan lebih meningkatkan profesionalisme khususnya penyelamatan di pantai disamping sebagai ajang promosi pariwisata.

Baca Juga :
Perusahan, Penting Perhatikan Kualitas Produk

Sementara itu Kadisparda Badung Cokorda Raka Darmawan melaporkan, bahwa pengadaan mobil ambuance lengkap dengan fasilitas kesehatan ini dianggarkan pada APBD 2012 dengan nilai Rp. 241 juta lebih. Sebelum pengadaan mobil ambulance ini, balawista sudah memiliki satu unit mobil ambulance yang ditempatkan di posko induk di pantai Kuta. Dengan adanya mobil ambulan yang baru, maka mobil yang lama akan ditempatkan di Pos Balawista Tanjung Benoa.

Koordinator Balawista Badung I Ketut Ipel menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung yang telah mensuport Balawista sehingga mampu memaksimalkan tugas-tugas di lapangan. Dijelaskan, saat ini balawista Badung memiliki porsenil sebanyak 148 orang yang tersebar di pos-pos balawista mulai dari Tanjung Benoa, Nusa Dua, Uluwatu, Jimbaran, Kedonganan, Kuta-Seminyak, Batu Belig, Brawa dan Seseh. Porsenil balawista akan ditambah sebanyak 24 orang, dimana Nopember ini dilakukan test dan Januari 2013 mulai ditugaskan. Dengan penambahan mobil ambulance ini dapat dimaksimalkan dalam melakukan pertolongan pertama sehingga dapat mengurangi korban kecelakaan pantai.  IKA-MB