Tabanan, (Metrobali.com)-

 Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi dan Peningkatan Penanganan Covid 19 di Provinsi Bali, bersama Gubernur Bali dan Bupati/Walikota se-Bali, beserta jajaran terkait di Gedung Gajah – Jaya Sabha, Jalan Surapati No. 1 Denpasar, Rabu (23/6).

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Bali I Wayan Koster didampaingi jajaran Forkopimda Bali tersebut membahas berbagai hal terkait percepatan vaksinasi untuk seluruh lapisan masyarakat Bali sebagai salah satu upaya meningkatkan imunitas masyarakat, sehingga tidak hanya mampu melindungi dirinya sendiri tetapi juga mampu melindungi orang-orang disekitarnya.

Gubernur Koster pada kesempatan itu menekankan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional khususnya kita di Provinsi Bali yang sangat tergantung dengan pariwisata. Oleh karena itu, Pemerintah Pusat memberikan prioritas sesuai usulan dan permohonan Gubernur untuk bisa segera melakukan aktivitas ekonomi, sehingga dilakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi menuju Bali Bangkit.

Ia menegaskan, Provinsi Bali harus paling tidak tanggal 10 Juli 2021 sudah tuntas untuk vaksinasi yang pertama, dengan target 3 juta penduduk Provinsi Bali. Kalau ini bisa dipenuhi dan dilaksanakan tentu harapan Gubernur dan masyarakat Bali, ekonomi di Bali bisa mulai bangkit dan ini apabila kasus Covidnya turun dan kalau masih banyak tentu akan tersendat-sendat.

Oleh karena itu, Pemerintah melalui Gubenur menginginkan secepat-cepatnya provinsi Bali menuntaskan vaksinasi, paling tidak vaksinasi tahap pertama untuk penanggulangan. Kemudian untuk itu di Kabupaten/Kota juga dihimbau untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi di masing-masing Daerah.

Untuk itu, Bupati Tabanan bersama Sekda, Dinas Kesehatan dan seluruh jajaran terkait akan kembali melakukan konsolidasi untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi baik regular maupun masal ini yang sudah berjalan sedemikian rupa. Ia berharap semoga hal ini bisa secepatnya terwujud, sehingga ekonomi segera bangkit dan pulih kembali sesuai harapan Gubernur.

Baca Juga :
Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Nilai Tambah Industri di Tanah Air

Terbilang sampai saat ini hampir lebih dari satu setengah tahun pandemi Covid-19 melanda dan belum juga berakhir. Khususnya di Tabanan dan Bali umumnya, vaksin Covid-19 juga telah dilakukan sampai ke lapisan masyarakat untuk menekan kasus yang terus bertambah. Pemerintah pun menganjurkan agar semua orang mendapatkannya secara gratis.

Guna mempercepat pelaksaanaan vaksin tersebut, Bupati Sanjaya juga menghimbau kepada khusunya masyarakat Tabanan agar menjalani proses vaksinasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan di Desa masing-masing. Karena menurutnya vaksinasi ini sangat penting dilakukan bukan hanya untuk melindungi masyarakat tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi menuju Bali Bangkit.

Sesuai data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan yang disampaikan kepada Bupati Sanjaya, di Tabanan dari target jumlah penduduk Tabanan yang memenuhi standar vaksinasi sebanyak 70 persen dari 461.630 penduduk, jadi sekitar 323.141 penduduk dan sampai hari ini pelaksanaan vaksinasi telah mencapai 65,64 persen atau telah terealisasi pada sekitar 213 ribu penduduk Kabupaten Tabanan. @humastabanan,-