Jembrana (Metrobali.com)-
Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan bantuan dana hibah kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Kabupaten Jembrana.
Dana hibah yang diserahkan  sebesar Rp 913.800.000,- untuk FKUB dan sebesar Rp 100.000.000,- untuk FPK yang diserahkan secara simbolis pada Kamis (2/6) bertempat di Rumah Jabatan Bupati Jembrana.
Turut hadir Sekda I Made Budiasa, Inspektur pada Inspektorat Jembrana Ni Wayan Koriani dan Kaban Kesbangpol Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana serta Ketua FPK Jembrana, I Gede Muriata.
Kabupaten Jembrana yang terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama ini sangat rentan akan terjadi berbagai permasalahan sosial. Oleh sebab itu, keberadaan FKUB dan FPK ini menjadi landasan penting dalam menjaga kerukunan antar umat dan etnis/suku.
Bupati Tamba berharap FKUB dan FPK ini menjadi bagian penting dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dan antar etnis/suku yang ada di Jembrana.
“Teman-teman di FKUB dan FPK bagaimana caranya tetap konsisten dan berkiprah menjaga stabilisasi keamanan di Kabupaten Jembrana”, ujarnya.
Untuk diketahui di Jembrana terdapat 13 (tiga belas) etnis/suku yang telah tergabung di dalam FPK diantaranya suku Bali, Jawa, Melayu, Makasar, etnis Tionghoa, etnis Arab dan lainnya. Serta 6 (enam) agama yang telah diakui secara nasional yang tergabung dalam FKUB.
Dikatakan Tamba, FKUB dan FPK Jembrana memiliki peran penting untuk memberikan tuntunan kepada umat dan etnis/sukunya untuk bersama-sama mendukung kemajuan Kabupaten Jembrana. “Peran bapak-bapak juga ditingkatkan untuk mendidik umat dan anggotanya untuk persiapan kita menuju Jembrana Emas Tahun 2026”, kata Tamba.
Lebih lanjut, Bupati Tamba mengingatkan agar hibah yang diterima dapat digunakan dengan benar dan sebaik-baiknya untuk memberikan edukasi dan tuntunan kepada umat dan etnisnya dalam menjaga kerukunan.
“Apa yang bapak terima hari ini, agar dimanfaatkan dengan benar. Kemudian pertanggung jawabannya juga harus ada”, tegas Tamba.
Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana mengatakan bahwa FKUB dan FPK merupakan bentukan dari Pemerintah, yang mana Pemerintah memiliki kewajiban untuk mendanai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh FKUB dan FPK dalam memberikan edukasi kepada masyakarat.
“Kita memiliki dua Ormas (organisasi masyarakat) bentukan Pemerintah yaitu FKUB dan FPK yang mana setiap tahun sudah menjadi kewajiban Pemerintah Daerah untuk mendanai kegiatan Ormas ini”, jelas Eko Susila.
Dalam kesempatan tersebut, Ketua FKUB Jembrana I Komang Arsana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Jembrana yang telah memberikan dana hibah yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan-kegiatan untuk menjaga kerukunan umat beragama.
“Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati sudah memberikan dukungan yang positif kepada FKUB berupa dana hibah melalui Badan Kesbangpol Jembrana. Ini merupakan wujud kepedulian Bapak Bupati kepada umat di Kabupaten Jembrana”, ungkap Arsana.
Lanjut Arsana juga menyampaikan dukungan FKUB kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana dalam melaksanakan program-program pemerintah untuk kemajuan Kabupaten Jembrana.
“Kami sepakat untuk selalu memberikan dukungan kepada Bapak Bupati sehingga program-program yang direncanakan dapat terlaksana demi Jembrana yang semakin maju”, tandasnya. (Humas Pemkab Jembrana)
Baca Juga :
Jadi Korban Kekerasan, Hak Asuh Orang Tua Angeline Bisa Dicabut