Bupati Giri Prasta saat menghadiri Puncak Karya Piodalan di Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes Desa Mengesta, Kecamatan Penebel Tabanan, Rabu (4/5).

 

Badung, (Metrobali.com)

Bertepatan dengan Buda Keliwon Gumbreg, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Puncak Karya Piodalan di Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes Desa Mengesta, Kecamatan Penebel Tabanan, Rabu (4/5). Piodalan yang dipuput langsung oleh Pemangku Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes ini turut dihadiri Anggota DPRD Tabanan sekaligus Panitia Karya I Nyoman Arnawa, Camat Penebel I Made Surya Dharma, Perbekel Mengesta serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam Sembrana Wecananya Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, menyampaikan melalui pelaksanaan upacara piodalan dengan ngrastiti bakti kepada Ida Hyang Widhi Wasa supaya diberikan jalan dan anugerah yang baik untuk semua warga masyarakat dalam melaksanakan upacara pujawali. “Mari kita ngrastiti bhakti kehadapan Ida Hyang Widhi agar semua masyarakat dapat melaksanakan pujawali sehingga labda karya. Terkait dengan pelaksanaan penataan ring Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes ini, saya sudah pasti siap membantu bersama Perbekel Desa, astungkara kalau tidak ada halangan 2023 ini penataan di Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes selesai semuanya. Inilah komitmen saya untuk Tabanan ini, bisa buktikan dengan di Pura Luhur Pucak Padang Dawa sudah memberikan sebesar 5 M, di Pura Luhur Pucak Kembar sebesar 3,8 M, di Pura Luhur Batukau 3,2 M termasuk Karya Agung Pengurip Gumi sebesar 300 juta,” ucap Bupati Giri Prasta seraya mengharapkan kepada masyarakat pemaksan yang terdiri dari dua Desa Adat pengempon Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes ini, harus tetap  bersatu saat menjalankan pujawali serta menjalankan dresta dan swadharma. Pihaknya juga mengapresiasi atas semangat krama untuk menjalankan yadnya berdasarkan hati tulus ikhlas, disertai semangat gotong royong berbakti kepada leluhur (Darmaning Leluhur).

Baca Juga :
Pemkab Badung Tertibkan Lima Restoran di Batu Belig

Sementara itu Manggala Karya I Nyoman Arnawa mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Giri Prasta selaku murdaning jagat Badung beserta undangan yang sudah bersedia hadir dalam pelaksanaan pujawali di Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes. “Semoga Bapak Bupati Badung sehat selalu. Inilah Bupati yang lagas, ganteng dan benar- benar berjuang untuk rakyatnya,” ujarnya.

Pihaknya juga melaporkan terkait rangkaian pujawali di Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes dimana puncaknya hari ini (4/5) dimulai dengan melaspas margi, mecaru panca sanak, ngawit pemendak lalu nedunang Ida Bhatara ke Taman Beji dan nganteb pujawali. Sebelumnya kemarin (3/5) sudah dilaksanakan nyebat upakara dan nanti tanggal 7 sudah dilakukan penyineb.

Pada kesempatan tersebut, sebagai bentuk dukungan dan perhatian, Bupati Badung Giri Prasta menghaturkan dana punia secara pribadi sebesar Rp 30 juta kepada Panitia Karya di Pura Kahyangan Jagat Luhur Batu Panes I Nyoman Arnawa.

Editor : Sutiawan