Massachusetts (Metrobali.com)-

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan Executive Education Training Program di Harvard Kennedy School of Government yang berlangsung sejak tanggal 15 September 2012 lalu, Bupati Gde Agung berkesempatan mengunjungi beberapa objek studi lapangan di seputaran negara bagian Massachusetts. Beberapa objek studi lapangan yang dikunjungi di sela-sela perkuliahan di kelas antara lain Massachusetts State Government, Massachusetts Bay Transportation Authority (MBTA), Deer Island Waste Water Treatment Plant, Cambridge Housing Authority, dan City of Sommerville, Massachusetts.

Khusus pada kunjungan resmi di Pemerintah Kota Sommerville, di samping bertatap muka dengan Walikota Sommerville, Joseph A. Curtatone, Bupati Gde Agung juga sempat bertukar pikiran tentang sejumlah isu penting dalam tata kelola pemerintahan antara lain seperti pengelolaan anggaran,  pelayanan publik, termasuk penataan kelembagaan. Menurut Bupati Gde Agung cukup banyak refleksi dan inspirasi yang didapatkan melalui studi lapangan ke Sommerville tersebut.

“Kunjungan ini menjadi refleksi atas sejumlah materi tentang tata pemerintahan yang disampaikan oleh para profesor Harvard Kennedy School. Banyak hal yang diperoleh dari Walikota Curtatone, dan tentu dalam implementasinya nanti di daerah akan membutuhkan penyesuaian dengan kondisi dan konteks lokal, mengingat adanya perbedaan budaya dan sistem pemerintahan,” terang Gde Agung.

Sommerville  merupakan sebuah kota di Middlesex County, negara bagian Massachusetts, terletak di utara Cambridge dan Boston serta merupakan salah satu kota yang memperoleh predikat penyelenggara tata kelola pemerintahan terbaik di Amerika Serikat. HB-MB

 

 

Baca Juga :
Wagub Himbau Masyarakat Pertanggungjawabkan Dana Hibah