Massachusetts (Metrobali.com)-

Setelah sebulan penuh menjalani seluruh rangkaian Executive Education Training pada Harvard Kennedy School, Bupati Badung Anak Agung Gde Agung telah menerima sertifikat tanda kelulusan sehingga secara resmi menjadi alumni Harvard University. Ramah-tamah acara kelulusan peserta program pendidikan eksekutif dilaksanakan di Harvard Faculty Club di lingkungan kampus Harvard University, Cambridge, Massachusetts pada Jumat 5 Oktober 2012 lalu pukul 18.00 waktu setempat.

Penyerahan sertifikat tanda kelulusan program dilakukan oleh Jay Rosengard dan Tony Saich selalu Program Director Harvard Kennedy School Indonesia Program. Pihak Harvard Kennedy School juga menyerahkan pin alumni Harvard University kepada Bupati Gde Agung dan seluruh peserta yang telah mengikuti pendidikan intensif sejak di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri RI di Jakarta, hingga berlanjut di kampus Harvard Kennedy School di Amerika Serikat. Turut hadir dalam acara kelulusan tersebut Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Dr. Dino Patti Jalal, pejabat Badan Diklat Kemendagri dan perwakilan Rajawali Foundations.

Bupati Gde Agung menyampaikan pihaknya bersyukur dapat terpilih selaku peserta dan dapat mengikuti  seluruh rangkaian program Transformasi Kepemimpinan di Indonesia kerja sama Kementerian Dalam Negeri RI dan Harvard University dengan baik sehingga berhak menyandang status sebagai bagian dari keluarga besar alumni Harvard University.

“Keberhasilan ini tidak semata-mata  menjadi keberhasilan pribadi, namun juga menjadi keberhasilan krama Badung. Kita tentunya harus bersyukur, mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan pada salah satu universitas terbaik di dunia,” ungkapnya. Gde Agung .

Ia menambahkan bahwa kelancaran dalam mengikuti pendidikan tersebut juga tidak terlepas dari dukungan penuh seluruh pejabat hingga staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, sehingga sekalipun cukup lama meninggalkan tugas, seluruh fungsi-fungsi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan kepada krama Badung dapat tetap berjalan baik, termasuk penyampaian RAPBD Tahun 2013 kepada DPRD Kabupaten Badung juga dapat disampaikan tepat waktu sesuai jadwal.

Baca Juga :
Kemarau Panjang, Warga Bali Beli Air Mineral untuk Mandi

Usai pelaksanaan program pendidikan eksekutif ini, kegiatan di Amerika Serikat masih akan dilanjutkan dengan pembahasan dan penyusunan evaluasi dan rencana tindak lanjut pasca pendidikan dengan asistensi dari Badan Diklat Kemendagri. Pada tahun 2012 ini program pendidikan eksekutif di Harvard Kennedy School diikuti oleh 18 orang bupati dan 1 orang walikota se-Indonesia, beserta kepala/pejabat Bappeda di masing-masing daerah tersebut.    HB-MB