Bupati Gde Agung bersama Anggota DPRD Badung I Wayan Suyasa dan Tim Penilai Provinsi disaat meninjau salah stand masyarakat serangkaian Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali Tahun 2014 di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Uta
Desa Dalung Dinilai Tim Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali
Mangupura (Metrobali.com)-
 
Pembangunan Desa merupakan bagian yang sangat strategis dari pembangunan Nasional, karena disinilah semangat antara Pemerintah dan masyarakat terjalin dalam satu tujuan yaitu dapat terwujudnya tingkat kesejahteraan masyarakat secara lahir dan batin yang berkeadilan. Demikian disampaikan Bupati Badung A.A. Gde Agung pada Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali Tahun 2014 di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Rabu (14/5). Turut hadir pada kesempatan tersebut anggota DPRD Badung I Wayan Suyasa, Ketua TP PKK Badung Ny. Ratna Gde Agung, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny. Kompyang R. Swandika, Camat Kuta Utara serta pimpinan SKPD terkait.
            Lebih Bupati Gde Agung menyampaikan, lomba Desa merupakan salah satu indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan perbekel beserta jajarannya bersama masyarakat dalam membangun desanya. “Serangkaian dengan kegiatan penilaian lomba desa kali ini, kepada saudara perbekel beserta staf, agar dapat memetik hikmahnya untuk introspeksi diri guna dapat meningkatkan pelayanan, serta sekaligus dapat menjadi contoh dalam pembangunan desa pada masa-masa yang akan datang,” tegas Gde Agung.
Lomba desa ini bukan semata-mata untuk merebut juara, namun dibalik itu terkandung maksud yang teramat mulia yakni sebagai upaya untuk mendorong usaha membangun masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri, sekaligus mengevaluasi keberhasilan desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, pemberdayaan masyarakat, politik dan keamanan serta terpilihnya lingkungan pedesaan yang bersih dan hijau.
“Saya yakin dan percaya, kehadiran Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi di Desa kami tentu dengan semangat integritas yang positif dan obyektif dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan, untuk melihat secara langsung perkembangan desa kami dua tahun sebelumnya yang sekaligus juga sebagai wahana pembinaan terhadap pembangunan desa Dalung,” imbuhnya seraya menambahkan bahwa setelah melalui seleksi lomba desa mulai dari antar desa dalam kecamatan dan lomba intern di Kabupaten Badung, segenap masyarakat desa Dalung siap untuk dinilai dan yakin dan optimis, duta Kabupaten Badung mampu bersaing dan tampil menjadi yang terbaik, sekaligus siap menjadi duta provinsi Bali ke tingkat Nasional.
 
            Sementara itu Kepala BPMD Provinsi Bali dalam sambutannya yang disampaikan Kabid Pemerintahan Desa I Wayan Sadia menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Badung beserta jajarannya khususnya seluruh warga Desa Dalung yang telah hadir dan berkomitmen dalam mendukung kegiatan perlombaan desa ini. Mudah-mudahan melalui pelaksanaan kegiatan penilaian perlombaan desa ini dapat memberikan sumbangan yang nyata dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Kegiatan perlombaan Desa yang dilaksanakan setiap tahun merupakan kegiatan rutin dan bersifat nasional serta sebagai ajang kompetisi. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi desa yang pernah berprestasi dapat ditampilkan kembali untuk mengikuti perlombaan, sepanjang desa tersebut mempunyai peningkatan yang cukup tajam terkait dengan perkembangan pembangunan desa, 2 (dua) tahun terkahir. Dijelaskan, ada 4 (empat) indikator dalam penilaian lomda desa ini meliputi keberhasilan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan, inisiatif dan kreativitas daerah dalam pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan, tingkat kepatuhan terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan kinerja Camat, Kepala Desa dan Lurah beserta perangkatnya dalam pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa dan kelurahan. RED-MB
Baca Juga :
Pemkot Kerjasama Ori Pembinaan Pelayanan Masyarakat