Mangupura (Metrobali.com)-
Pada penampahan kuningan, Jumat (1/11), Bupati Badung A.A. Gde Agung didampingi Istri Ny. Ratna Gde Agung dan anggota DPRD Badung IB Sunarta ngeratep Petapakan ida bhatara di Pura Anyar, Banjar Batu Sari, Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Gde Agung bersama Ida Pedanda melakukan ngeratep dua petapakan yakni petapakan ratu ngurah agung (barong macan) dan ratu alit (barong bangkal). Upacara didahului dengan melaspas yang diikuti krama Banjar Batu Sari sebagai pengempon Pura Anyar. Sebagai wujud dukungan pemerintah, Bupati Gde Agung medana punia sebesar Rp. 25 juta.
Menurut Manggala Karya IB Gede Pujawan, upacara melaspas dan ngeratep petapakan ini serangkaian telah selesainya perbaikan (ngodak) tapakan ratu ngurah agung dan ratu alit. Ngodak dua tapakan yang berstana di pura yang berada disisi timur obyek wisata Sangeh tersebut telah dilakukan selama dua bulan. Mengenai biaya perbaikan dan upakara diperkirakan menghabiskan sebesar Rp. 250 juta. Biaya tersebut bersumber dari bantuan dari anggota DPRD Badung IB Sunarta asal Sangeh serta dari swadaya krama. Ditambahkan, setelah upacara ngeratep, tapakan ida bhatara kairing melasti ke segara, besok (hari ini-red) dilaksanakan upacara pasupati. TAR-MB
Baca Juga :
Polda Jabar tetapkan 3 Relawan KAMI Trsangka Baru Aniaya Polisi