Klungkung ( Metrobali.com )-
Setelah sebelumnya melakukan Dharma Yatra dibeberapa pura di Lombok dengan melibatkan bendesa adat se-Kabupaten Klungkung, kini Pemkab Klungkung dipimpin Bupati I Wayan Candra didampingi Sekda Kabupaten Klungkung, Ketut Janapria kembali melaksanakan kegiatan persembahyangan bersama dengan melibatkan sejumlah masyarakat berprestasi ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, Rabu (21/11) dan Kamis (22/11).

Beberapa peserta Dharma Yatra yang dilibatkan saat ini antara lain perwakilan dari UP2K, UP2WKSS, perwakilan dari peserta lomba desa, anak-anak berprestasi, remaja berprestasi, perwakilan dari peserta pertanian kontak tani, koperasi, guru berprestasi, wakil dari subak, Utsawa Dharma Gita, perwakilan anggota Paskibra dan wakil dari Jegeg Bagus klungkung.

Dharma Yatra  dilaksanakan Pemkab Klungkung bersama sejumlah perwakilan masyarakat berprestasi ini bertujuan untuk meningkatkan srada bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta untuk mengenal lebih dekat tentang sosial budaya, agama dan keberadaan umat sedharma di Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk perhatian dan pengharagaan Bupati Klungkung kepada para siswa dan masyarakat berprestasi.

Diharapkan, masyarakat dan siswa lainnya dapat memacu dan meningkatkan prestasinya, baik di bidang pendidikan maupun dibidang lainnya. Adapun pura yang dikunjungi saat ini antara lain pura Giri Mulya Raung, Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, pura segara Tawang Alun, Dusun Pulo Merah, Pancer, Kecamatan Pesanggaran, pura Alas Purwo, Desa Kedungsari, Kecamatan Tegal Dlimo dan pura Agung Blambangan, Kabupaten Banyuwangi.

Kedatangan rombongan diterima tokoh masyarakat dan pengempon pura masing-masing. Setelah melaksanakan persembahyangan bersama, Bupati Candra bersama rombongan lainnya juga mendapat darmawacana dari pengurus pura tentang sejarah singkat keberadaan pura dimaksud. Dalam kesempatan ini, Bupati Candra mengharap kepada seluruh umat untuk dapat meningkatkan srada bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Baca Juga :
Demokrat Bali Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Lomba HUT ke-20 Partai Demokrat, Disambut Antusias Milenial, Siang Tarung Jadi Juara Nasional

“Melalui kegiatan ini kita senantiasa memohon anugrah dan tuntunan dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Klungkung,”ujar Bupati Candra. Selain itu, Bupati juga menyampaikan rasa salut atas semangat umat disetiap pura yang dikunjungi. Bupati berpesan agar semangat kebersamaan umat selalu dijaga untuk keharmonisan bersama. Sebelum mengakhiri kunjungan dimasing-masing pura, Bupati Candra selaku Pemerintah maupun pribadi juga menghaturkan punia yang diterima masing-masing pengurus pura. SUS-MB