kanker-serviksSingaraja (Metrobali.com)-

 

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buleleng, Bali, Ir. Made Gunaja, M.Si, mengajak masyarakat di daerah itu khususnya perempuan untuk bersama-sama memerangi kanker serviks yang semakin meresahkan.

“Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi perempuan, maka dari itu kita harus bersatu untuk melawannya,” kata Gunaja di Kota Singaraja, Bali, Minggu (4/12).

Menurutnya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kanker serviks yakni dengan menjaga kesehatan badan.”Masyarakat, terutama ibu-ibu juga jangan malu-malu. Kalau memang terkena kanker, segera diperiksakan. Kalau malu, itu justru merugikan korban, dan penyakitnya tak bisa mendapatkan penanganan,” ulasnya.

Lebih lanjut Gunaja berharap dengan adanya Lomba KKG KB Kesehatan dan juga Lompa PKTP tersebut para ibu-ibu PKK yang hadir bisa mengetahui bahaya dan cara menangani kanker Serviks.

“Ibu-ibu itukan rentan terkena kanker, oleh sebab itu Lomba ini sangat bermanfaat, dan semoga ibu-ibu PKK semakin sadar akan bahayanya penyakit itu,” harapnya.

Pada ajang lomba KKG KB Kesehatan Tahun Ini, juara satu diraih Desa Penglatan Kecamatan Buleleng, juara dua diraih Desa Gitgit Kecamatan Sukasada, sedangkan untuk juara tiga diraih Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak.

Untuk Lomba PKTP Tingkat Sekolah Dasar (SD), juara satu diraih SDN 3 Busungbiu, juara dua diraih SDN 3 Banjar Jawa, Sedangkan juara tiga diraih SDN 1 Temukus. Untuk Lomba PKTP Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), juara satu SMPN 3 Seririt, juara dua diraih SMPN 3 Banjar, juara tiga diraih SMPN 2 Sawan. Untuk Lompa PKTP Tingkat Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/SMK. Juara satu diraih SMAN 1 Banjar, juara dua Diraih SMKN 1 Kubutambahan, dan juara tiga diraih SMKN 3 Singaraja. Sumber : Antara

Baca Juga :
Dinas Sosial Kota Denpasar, Serahkan Bantuan Sembako Kepada Korban Angin Kencang