Buleleng, (Metrobali.com)

Dipandang sebagai salah satu Kabupaten dengan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang tergolong baik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan melakukan studi komparasi terkait pemahaman tentang mekanisme dan prosedur pengaplikasian sub unit pada bagian-bagian lingkup Sekretariat Daerah (Setda) di Kabupaten Buleleng.

Studi komparasi dari Pemkab Ogan Ilir yang dikoordinir oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Ilir H. Muhsim Abdullah bersama rombongan ini diterima oleh Asisten Administrasi Setda Kabupaten Buleleng Nyoman Genep di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Kamis (14/7).

Ditemui usai kegiatan, Asisten Genep menjelaskan Kabupaten Buleleng merupakan salah satu Kabupaten yang dipandang telah sukses melaksanakan kegiatan terkait mekanisme dan prosedur pengaplikasian sub bagian lingkup Setda di Kabupaten Buleleng.

Genep menjelaskan, dapat diinformasikan bahwasannya di Kabupaten Buleleng dipandang cukup berhasil terkait penilaian SAKIP dan Reformasi Birokrasi (RB) dan telah mengikuti beberapa lomba inovasi dalam pelayanan publik yang sudah cukup bagus disamping mekanisme pengelolaan anggaran dari segi perencanaan dan pertanggungjawabannya yang optimal.

“Ini yang kita informasikan. Hal-hal yang sudah kita lakukan dan yang belum dilakukan oleh Pemkab Ogan Ilir. intinya mereka ingin menjalin kerjasama untuk meningkatkan apa yang telah dilakukan di Kabupaten Buleleng dan kita sudah jelaskan itu,” tegasnya.

Genep berharap melalui studi komparasi ini ke depan mampu menjalin silahturahmi dan tentunya bisa diimplementasikan ke depannya di Kabupaten Ogan Ilir sesuai ketentuan.

Sementara itu, masih ditempat yang sama Sekda H. Muhsin Abdullah mengatakan Pemkab Ogan Ilir sendiri mengambil studi komparasi ke sini dikarenakan karena di Kabupaten Buleleng memiliki nilai SAKIP B. Sementara di Kabupaten Ogan Ilir sendiri nilai SAKIPnya masih C.

Baca Juga :
Inovasi Pelayanan Publik Badung Sebagai Role Model Nasional

“Melalui kunjungan ini kita bisa meniru dan mencontoh hal-hal yang baik tentang kebijakan yang dibuat di Kabupaten Buleleng yang akan coba kami terapkan di Kabupaten kami,” harapnya.

Sekda Muhsin menegaskan, Kabupaten Buleleng merupakan salah satu Kabupaten yang tergolong maju. Meskipun jarak perjalanan yang ditempuh sangat jauh, itu tidak menjadi halangan dalam melakukan studi komparasi ke Buleleng. “Jadi, walaupun jauh tidak masalah bagi kami,” pungkasnya. (RED-MB)