BPK Beri Opini Disclaimer Laporan Keuangan Terkait RSUD Tabanan

single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini disclaimer atas hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Tabanan tahun anggaran 2012.

Kepala Perwakilan Provinsi Bali BPK RI Efdinal, di Denpasar, Selasa (11/6) mengatakan Tabanan mendapat opini disclaimer terkait pengelolaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan.

“Kami melihat masalah dalam beberapa transaksi belanja dan pendapatan di rumah sakit itu sehingga kami sulit untuk melakukan penelusuran secara pasti terhadap angka-angka yang tercantum,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa BPK tidak hanya menerima bukti-bukti transaksi yang disampaikan, namun juga dicek dengan bukti-bukti lain dan ternyata itu banyak tidak pas.

“Buktinya ada tetapi ketika di cross check dengan bukti lain ada tidak nyambung,” ucapnya didampingi Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK Sjafrudin Mosii.

Efdinal mengatakan dalam pemeriksaan laporan keuangan BPK harus memastikan setiap angka satu rupiah yang jelas sumber dan kegunaannya. “Ini yang sulit kami telusuri dalam pemeriksaan laporan keuangan RSUD Tabanan,” katanya.

Pihaknya sebelumnya sudah memberikan masukan terkait beberapa permasalahan itu, tetapi ternyata belum maksimal dilakukan perbaikan oleh pemerintah kabupaten setempat. “Pada tahun sebelumnya laporan keuangan Tabanan meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” ujarnya.

Di sisi lain, Efdinal mengatakan terhadap hasil pemeriksaan laporan keuangan dari pemerintah kabupaten/kota di Bali belum ada yang sampai mengarah kerugian negara yang berdampak pidana.

“Ada beberapa kelebihan bayar dan kekurangan fisik, tetapi tidak begitu besar dan biasanya sudah ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat atau sudah direspons sebelum hasil laporan keuangan diumumkan,” ujarnya.

Dari seluruh kabupaten/kota di Bali, kata dia, hanya Kota Denpasar yang meraih opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian.INT-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Kemacetan Akal Waras
8 Comments
  1. direktur metro 9 years ago
    Reply

    tdk hanya brsu tbn yg terindikasi mslah,coba bpk cek pula pelayanan2 publik di tabanan,semua bobrok

  2. orang biasa 9 years ago
    Reply

    Haduuuhhhhh…paraahhh..

  3. EGP 9 years ago
    Reply

    nyen to adan bupatine ? engsap puk !

  4. jamboil 9 years ago
    Reply

    Bekal ngenah seke bedik..

  5. Nak Rantau 9 years ago
    Reply

    Klo berani BPK tidak hanya memeriksa RSUD Tabanan saja, cb cek semua instansi dimulai dari Bupati nya. Pasti banyak temuan yang mengejutkan lagi.

  6. Arya T j 9 years ago
    Reply

    kenken bu bupatine sing berbobot maan ulian pangkat ajak bapane ( KKN )

  7. kusri 9 years ago
    Reply

    Yang penting bupati kami cantik, bahenol….yang lain lewat…xixixixixixixixixixixixix

  8. mr.gd 9 years ago
    Reply

    siapa dulu dong bupatinya?

Leave a Comment

Your email address will not be published.