Kec_Batu_Raden_3

Menteri Yuddy melihat proses foto untuk pembuatan KTP di Kantor Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Kamis (23/06).

 

Purwokerto (Metrobali.com)-

Dalam perjalanan ke Kebumen, tanpa diagendakan sebelumnya, Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi singgah ke kantor Camat Sumpiuh, Kabupaten Banyumas. Kecamatan ini cukup unik, karena membawahi tiga kelurahan dan belasan Desa.

Yuddy berkeliling di kantor yang berada di tepi jalur selatan Jawa ini  menempati bekas kawedanan. Didampingi Camat Sumpiuh Abdul  Kudus, Menteri menyimak hampir setiap sudut bangunan yang dominan dengan bangunan joglo. Yuddy juga tertarik dengan paksian adat yang dikenakan camat beserta ASN di seluruh Jawa Tengah, yang dikenakan setiap hari Kamis.

Di loket pelyayanan adminidtrasi terpadu kecamatan (PATEN) Yuddy dihadapkan dengan persoalan yang sama saat safari ramadhan di beberapa daerah sebelumnya, yakni kekurangan blanko e-KTP. Akhirnya Yuddy menelpon Dirjen Adminduk Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh untuk mengkonfirmasi masalah tersebut.

Menteri mendapat jawaban bahwa pihak pemda, yakni Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota harus proaktif mengambil ke Provinsi. “Jadi dari Dinas Dukcapil harus mengambil blsngkonya ke Semarang,” jelas Yuddy usai menelpon.

Dari Sumpiuh, yang artinya perang tanding yang berakhir mati keduanya, safari ramadhan singgah di kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen. Tampak banyak warga yang tengah mengurus pembuatan e-KTP. Terrnyata, bukan hanya warga Gombong yang membuat KTP di sini. Tetapi kantor ini melayani 5 kecamatan. (ags/HUMAS MENPANRB)

Baca Juga :
Prajurit Yonif Mekanis 201/JY Menerima Penyuluhan Hukum Tentang UU ITE