Bingung Memilih? Cek Perbedaan Samsung A10 vs Samsung M10

Metro Bali
single-image

Meski identik dengan merk smartphone berharga mahal, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan produk Samsung yang ramah kantong. Pasalnya, Samsung kini telah gencar menghadirkan produk terbaru dari Samsung Galaxy A series dan Samsung Galaxy M series. Di mana kedua seri Samsung tersebut kerap menawarkan smartphone entry level yang dijual dengan harga yang lebih murah. Bahkan, beberapa tipenya ada yang dijual dengan harga Rp 1 jutaan, lho.

Mengingat keduanya mengusung harga yang tidak jauh berbeda, pengguna smartphone seringkali dibuat kebingungan dalam memilih Samsung A series dan Samsung M series. Sebagai contoh, Samsung A10 memiliki harga yang tidak berbeda jauh dari Samsung M10. Bahkan, selisih harga dari kedua smartphone tersebut hanya sekitar Rp 100 ribuan saja, lho. Hal ini tentu membuat banyak orang kebingungan memilih diantara keduanya.

Terlebih lagi, baik Samsung A10 dan Samsung M10 keduanya terbuat dari bahan plastik polikarbonat. Kedua smartphone ini juga mengusung konsep Infinity Display yang membuatnya terlihat kekinian. Tidak heran, desain dan bodi yang dimiliki keduanya tampak mirip dan tak memiliki perbedaan yang signifikan. Bagi Anda yang memang sedang mencari smartphone entry level dan bingung memilih yang mana, yuk intip dulu perbedaan keduanya produk Samsung tersebut.

Samsung Galaxy A10

Smartphone yang satu ini dirilis pada tahun 2019, tepatnya pada bulan Maret. Harganya yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Samsung M10, membuatnya memiliki spesifikasi yang sedikit lebih unggul. Apa saja? Simak spesifikasinya berikut.

Layar

Smartphone yang memiliki bobot 168 gram ini dilengkapi dengan sebuah layar berpanel IPS LCD yang terbilang canggih untuk di kelasnya. Layarnya memiliki ukuran 6.2 inci dengan resolusi 729 x 1520 pixels. Ukuran layarnya yang terbilang cukup lebar ini, akan sangat nyaman digenggam hanya dengan menggunakan satu tangan.

Prosesor

Samsung A10 telah dilengkapi dengan dukungan sistem operasi Android 9.0 yang nantinya bisa di upgrade menjadi Android 10. Dukungan dari chipset Exynos 7884 membuatnya memiliki performa yang terbilang cukup handal untuk sebuah smartphone entry level. Beralih pada kartu grafisnya, Samsung A10 hadir dengan GPU Mali-G71 MP2.

Kartu grafis tersebut membuat Anda bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang terbilang menyenangkan. Di sisi lain, smartphone ini juga telah dilengkapi dengan konfigurasi big.LITTLE yang diklaim lebih efisien dalam penggunaan baterai.

Kapasitas Memori

Mengingat harganya yang terjangkau, tidak mengherankan jika smartphone entry level ini hanya dilengkapi dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB. Meski terkesan kecil, namun penggunaannya tetap bisa menunjang berbagai macam aktivitas harian Anda yang ringan. Seperti melakukan chatting, menonton streaming, scroll media sosial, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :
Wisatawan Singapura Segera Diseret ke Meja Hijau

Apabila kapasitas RAM 2 GB terkesan kecil bagi Anda, smartphone ini menawarkan varian lainnya yang hadir dengan kapasitas RAM 4 GB. Kapasitas yang lebih besar ini cocok bagi Anda yang suka memainkan game berat menggunakan perangkat mobile. Untuk kapasitas memori internalnya, Samsung A10 hadir dengan kapasitas ROM 32 GB. Tersedia juga slot memori eksternal jika Anda ingin menyimpan lebih banyak file di smartphone.

Kamera

Kamera belakang Samsung A10 hanya dilengkapi dengan satu buah lensa wide beresolusi 13 MP. Kamera belakangnya telah dilengkapi dengan fitur LED Flash yang bisa membantu Anda saat akan memotret objek dalam kegelapan. Dengan fitur tambahan ini, objek Anda bisa tampak semakin jelas. Selain LED Flash, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur HDR dan Panorama.

Perihal perekaman videonya, Anda bisa merekam sebuah video dengan resolusi hingga 1080p pada 30 fps. Beralih pada kamera depan, Anda bisa menghasilkan foto selfie yang berkualitas berkat kamera selfie beresolusi 5 MP. Tak hanya bisa menunjang aktivitas foto selfie, kamera depan ini juga bisa Anda maskimalkan untuk melakukan panggilan video call bersama kerabat dekat.

Baterai

Samsung Galaxy A10 ini dilengkapi dengan kapasitas baterai yang terbilang cukup besar untuk sebuah kamera smartphone entry level, yakni sebesar 3400 mAh. Kapasitas baterai ini membuat Anda bisa menggunakan smartphone selama seharian dan tidak khawatir akan mudah habis. Terlebih jika Anda menggunakannya untuk aktivitas yang tidak terlalu berat.

Meski masih menggunakan microUSB 2.0, namun smartphone ini telah dilengkapi dengan teknologi USB On-The-Go atau yang lebih familier disebut dengan USB OTG. Teknologi ini membuat Samsung A10 bisa bertindak sebagai host dan membaca media pada perangkat lainnya. Anda bisa mengkoneksikan kamera digital hingga papan ketik pada smartphone satu ini.

Fitur Lainnya

Smartphone ini telah dilengkapi dengan fitur penunjang yang terbilang cukup untuk sebuah perangkat entry level. Anda bisa menemukan konektivitas Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0, GPS, dan FM Radio. Konektivitas 3.5mm jack juga Anda temukan pada Samsung A10 untuk memudahkan aktivitas mendengarkan musik dengan menggunakan headset.

Namun, perlu diketahui bahwa Samsung memilih meniadakan teknologi fingerprint sensor. Sebagai gantinya, sistem keamanan smartphone bisa digantikan dengan fitur face unlock. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat Samsung A10 aman dari tangan-tangan jahil.

Baca Juga :
Keluarga ambil jenazah pelaku bom Solo

Samsung Galaxy M10

Berbeda dengan Samsung A10 yang dirilis pada bulan Maret, Samsung M10 dirilis satu bulan lebih awal, yakni Februari 2019. Pada saat awal perilisannya, smartphone ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 1.6 jutaan. Simak spesifikasi Samsung M10 untuk mengetahui di mana letak perbedaan keduanya.

Layar

Dibandingkan dengan Samsung A10, smartphone satu ini memiliki bobot yang sedikit lebih ringan, yakni 163 gram. Meski bobotnya lebih ringan, namun ukuran layarnya sedikit lebih lebar yakni 6.22 inci. Hal ini juga membuat screen to ratio yang dimiliki lebih besar, yakni 82.1%. Perbedaan lainnya terletak pada teknologi layar diusung, di mana Samsung M10 hadir dengan layar berpanel PLS TFT.

Prosesor

Mengingat smartphone ini dirilis lebih awal, tidak mengherankan jika Samsung M10 masih menggunakan sistem operasi Android  8.1. Namun, pengguna nantinya masih bisa melakukan upgrade hingga Android 9.9. Beralih pada kinerjanya, smartphone ini mendapatkan dukungan dari chipset Exynos 7870.

Meski tak sekencang performa yang dimiliki Samsung A10, kinerja produk Samsung ini masih terbilang bagus untuk smartphone seharga Rp 1 jutaan. Hal itu juga semakin ditunjang dari kartu grafis Mali-T830 MP1 yang dimiliki, di mana GPU tersebut tetap mampu menunjang pengalaman bermain game ringan.

Kapasitas Memori

Samsung M10 juga hadir dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB, hanya saja kapasitas memori internal yang ditawarkan sedikit lebih kecil, yakni hanya 16 GB. Namun, hal ini tidak menjadi persoalan yang terlalu besar. Pasalnya, pihak Samsung juga telah menambahkan slot memori eksternal di dalamnya. Sehingga Anda bisa menambahkan memori eksternal sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain menawarkan varian RAM 2 GB dan ROM 16 GB, Samsung M10 ini juga hadir dengan varian lainnya, yakni RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Meski tetap tidak sebesar RAM yang ditawarkan Samsung A10, namun kapasitas RAM 3 GB ini tidak boleh Anda sepelekan begitu saja. Anda yang membutuhkan performa smartphone yang sedikit lebih unggul, bisa memilih varian yang kedua ini.

Kamera

Kamera menjadi salah satu aspek yang bisa diunggulkan Samsung M10 dibandingkan dengan Samsung A10. Berbeda dengan Samsung A10 yang hanya hadir dengan satu buah kamera belakang, smartphone yang satu ini menawarkan konsep dual camera yang mumpuni. Kamera utamanya hadir sebagai lensa wide dengan resolusi 13 MP.

Apabila jangkauan lensa utama terasa kurang lebar, Anda bisa memanfaatkan lensa ultrawide 5 MP yang bertindak sebagai lensa kedua. Lensa ini sangat cocok jika kamu gunakan untuk memotret gedung maupun pemandangan yang indah. Fitur yang dimiliki tidak jauh berbeda, yakni ada LED Flash, HDR, hingga Panorama. Anda pun nantinya bisa merekam video dengan resolusi hingga 1080p.

Baca Juga :
Penunjukan Prabowo lebih besar maslahat dari mudharat

Perihal kamera selfienya, sama-sama mengusung satu kamera standar dengan resolusi 5 MP. Namun, pada smartphone ini kamera depannya dilengkapi dengan fitur HDR. Dengan kata lain, hasil foto selfie yang dihasilkan akan lebih detail dan jernih. Layaknya kamera belakang, kamera depan ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p pada 30 fps.

Baterai

Tidak hanya perbedaan yang signifikan antara kapasitas baterai Samsung A10 dan Samsung M10. Keduanya sama-sama mengusung microUSB 2.0 dengan kapasitas baterai 4300 mAh. Bedanya, Anda tidak bisa menemukan teknologi USB OTG pada smartphone ini. Begitu juga dengan teknologi fast charging yang juga belum disematkan pada Samsung Galaxy A10.

Fitur

Fitur penunjang yang bisa Anda temukan pada Samsung Galaxy M10 tidaklah jauh berbeda. Smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur face unlock alih-alih fingerprint. Konektivitas WLAN, GPS, Bluetooth, FM Radio, hingga 3.55mm jack tersedia secara lengkap. Hanya saja, konektivitas bluetooth yang dimiliki masih 4.2 dan belum secanggih Samsung A10.

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan yang telah disebutkan di atas, keduanya menawarkan spesifikasi yang terbilang mumpuni untuk sebuah smartphone entry level dengan harga Rp 1 jutaan. Meski memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama, namun kedua perangkat Samsung tersebut tetap menawarkan kelebihannya masing-masing.

Katakan saja, Samsung A10 lebih cocok bagi Anda yang mencari smartphone dengan performa yang lebih kencang dan lebih canggih. Varian kapasitas RAM 4 GB yang dimiliki membuatnya cocok menunjang aktivitas berat sekalipun. Penggunaan smartphone ini bisa menunjang mobilitas serta multitasking Anda.

Sebaliknya, meski menawarkan performa yang tidak sekencang Samsung A10, namun Samsung M10 lebih unggul dalam aspek kameranya. Anda yang memiliki hobi fotografi atau sekedar hobi foto selfie akan lebih cocok jika membeli Samsung M10. Mengingat kamera belakang smartphone ini sudah hadir dengan konsep dual camera.

Dengan kata lain, mana produk Samsung yang lebih baik akan tergantung dari kebutuhan Anda. Harga tentu bukan menjadi satu-satunya patokan dalam menentukan pilihan terhadap sebuah smartphone. Jadi, keputusan tetap ada di tangan Anda untuk memilih mana yang lebih pas dan sesuai dengan kebutuhan?

 

Sumber: samsung.com

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.