Jembrana (Metrobali.com)-

Peningkatan kasus Covid di wilayah Pulau Jawa menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana, Bali dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) bersama Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Jumat (25/6/2021) malam melakukan sidak ke Pelabuhan Gilimanuk di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Di Gilimanuk, Wagub Cok Ace dan Bupati Tamba memantau tempat pelaksanaan pemeriksaan GeNose atau rapid test dan test swab. Selain proses pemeriksaan KTP di Pos Pos KTP Terminal Gilimanuk.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati mengatakan tujuan sidak ke Pelabuhan Gilimanuk guna mengetahui permasalahan untuk selanjutnya dicarikan solusi dan diselesaikan bersama-sama.

“Kita sepakat untuk menjaga Bali. Jadi ketika ada permasalahan di pintu penyeberangan ini kita sepakat diselesaikan bersama-sama” ujar Wagub Cok Ace ditemui di Gilimanuk, Jumat (25/6/2021).

Bali sebagai tujuan wisata menurutnya harus aman. Sehingga setiap permasalahan bisa diselesaikan bersama-sama, terlebih kasus Covid sehingga pariwisata bisa segera kembali dibuka.

“Kita harus selesaikan (permasalah). Kita bicarakan. Kalau tidak begitu, kasus (Covid) naik, pariwisata ditutup lagi. Kalau cendrung cape, nanti teknologi yang akan menjawab” jelasnya

Dari pemantauan menurutnya sudah cendrung baik, kendati pengguna jasa yang menyeberang masih sedikit. “Persoalannya bagaimana ketika ada banyak yang menyeberang. Tadi sedikit, cuma 10 orang” ujarnya.

Disinggung terkait pariwisata, Wagub Cok Ace berharap pariwisata Bali tetap bisa dibuka meskipun ada peningkatan kasus (Covid) kendati tidak banyak.

Menurutnya banyak cara untuk bisa membuka pariwisata Bali diantaranya dengan travel bubble dan essential travel. “Ini ada di Jakarta dan Juanda Surabaya. Kenapa tidak di Bali” terangnya.

Dengan pola itu, Wagub Cok Ace percaya pariwisata di Bali bisa dibuka kembali. Karena pola-pola itu menerapkan pemeriksaan yang sangat ketat. “Kalau dibandingkan udara dengan darat, pemeriksaan melalui udara ketat sekali” imbuhnya.

Baca Juga :
Pertemuan Trump-Kim Hadapi Kontradiksi

Bali kata Wagub Cok Ace tetap terbuka untuk wisata domestik. “Untuk wisata domestik tetap jalan, tidak ada penutupan” ujar Wagub Cok Ace.

Sementara itu Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan sidak ke Pelabuhan Gilimanuk untuk mengetahui apakah protap pemeriksaan dan prokes sudah berjalan dengan baik atau belum dan ternyata semua berjalan dengan baik.

“Berjalan baik yang dimaksud adalah berjalan sesuai aturan normatih. Karena petugas bekerja berdasarkan aturan” terangnya.

Terkait meningkatnya kasus positif Covid dan kasus meninggal dunia karena positif Covid di Jembrana disebabkan adanya warga yang keluar daerah. Dan saat kembali pulang ternyata positif Covid.

Untuk itu terhadap warga yang bepergian jauh dihimbau Bupati Tamba agar saat kembali pulang melakukan isolasi mandiri. “Ini penting. Ini bukan untuk masyarakat, tapi untuk kepentingan keluarga dan diri sendiri dulu” harap Bupati Tamba.

“Boleh kangen sama keluarga. Tapi kalau kangen membawa penyakit untuk apa. Ingat itu” imbuhnya.

Bupati Tamba dikesempatan itu kembali menghimbau masyarakat agar segera melakukan vaksin. Sehingga ekonomi bisa cepat pulih dan berjalan normal kembali. “Juli ini sudah dicanangkan pariwisata dibuka kembali, tapi sekarang batal. Kalau begini terus (kasus naik), ya tidak jadi-jadi. Kasian rakyatnya. Ayo vaksin, ini gratis. Kita semua capek, bupati juga capek. Mari mulai dari diri sendiri” pungkasnya. (Komang Tole)