Ketua DPRD Badung Putu Parwata menghadiri HUT ke-10 CIS, Sabtu (7/5/2022).

 

Badung, (Metrobali.com)

Ketua DPRD Badung Dr. Drs. Putu Parwata MK, M.M., Sabtu (7/5/2022) menghadiri HUT ke-10 Yayasan Cerdas Insan Sejahtera (CIS). HUT digelar di kantor CIS di bilangan Dalung. Selain Ketua DPRD Badung, acara tersebut juga dihadiri Ketua Yayasan CIS, Plt. Kepala UPT Disdikpora Kuta Utara, serta undangan lainnya.

Putu Parwata menegaskan, sekolah yang dikelola oleh CIS mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK bersama-sama dengan sekolah-sekolah negeri berupaya mencerdaskan masyarakat. “Sekolah-sekolah yang ada di bawah CIS berupaya mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” tegasnya.

Hal ini, tegas Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung tersebut, sekolah-sekolah di bawah CIS menggunakan cambridge (kurikulum) luar negeri serta dilengkapi dengan pembelajaran bahasa asing seperti Inggris dan bahasa Cina. Walau begitu, sistem pembelajarannya tidak meninggalkan adat dan budaya Bali.

Pada kesempatan itu, selaku Ketua DPRD Badung, Parwata memberikan dukungan penuh kepada CIS untuk menampung anak-anak di Kabupaten Badung. Jika memang tidak mampu, CIS tetap harus menampung dengan cara memberikan subsidi silang. “Kalau memang benar-benar tidak mampu silakan masuk, namun jangan berpura-pura tidak mampu,” tegasnya.

Pendidikan yang bagus menuju kualitas SDM yang unggul, ujarnya, harus dilakukan secara gotong royong.  “Bagi yang mampu tentu tidak salah membantu anak-anak yang kurang beruntung sehingga tetap mampu mengikuti pembelajaran,” tegasnya sembari berharap para guru untuk tetap mampu mempertahankan sekolah-sekolah CIS sebagai the best school di Badung.

Keunggulan lainnya, ujar Parwata, hanya CIS yang dilengkapi dengan klinik. Dengan adanya Klinik Parwata, anak-anak akan terjamin keamanan dan keselamatan di sekolah. Selain kepada CIS, dia mengaku, Pemkab Badung memberikan dorongan kepada sekolah-sekolah di Badung khususnya swasta supaya memberikan kontribusi yang positif. Karena itu, orientasi daripada sekolah swasta itu ikut berpartisipasi dalam pengembangan sumber daya manusia.

Baca Juga :
Bupati Tabanan Eka Wiryastuti Buka MTQ

Karenanya, seluruh fasilitas yang dimiliki oleh sekolah harus memberikan satu kontribusi yang positif terhadap proses pembelajaran. Jadi apakah itu pembelajaran dalam sifatnya materi atau pendukung lainnya, sarana olah raga, seni, kemudian hal-hal yang lainnya yang bisa memberikan nilai tambah buat siswa.

“Inilah harapan kami di Badung, semoga semua sekolah di Badung betul-betul bisa memberikan kontribusi. Ada nilai tambah yang dibangun. Kalau memang bisa menggunakan cambridge, bahasa Inggris, bahasa Cina, kemudian entrepreneur, pengembangan kesehatan dan yang lainnya ini sesuatu yang sangat penting,” katanya.

Ini yang diharapkannya sehingga sekolah itu tidak monoton saja karena tidak ada satu variasi yang memang dibangun. “Ini harapan kami, semoga dengan HUT ke-10 CIS akan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat khususnya di bidang pendidikan dan memberikan peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Badung dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA,” katanya.

Ditanya mengenai perhatian pemerintah kepada sekolah swasta, Parwata menegaskan pemerintah selalu memberikan fasilitas dalam bentuk hibah. Selanjutnya, pemerintah memberikan satu sarana prasarana yang lainnya, kemudian memberikan dorongan-dorongan yang sifatnya memberikan kontribusi yang positif terhadap pengembangan pendidikan. Parwata menilai perhatian pemerintah kepada sekolah swasta sudah dianggap cukup. Kalau memang ada hal-hal yang sifatnya spesifik bisa diusulkan kepada pemerintah. (Sut)