Foto: Suasana kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana (BEM FMIPA) dalam INISIASI PKM 2022 yang dilakukan secara daring.

Denpasar (Metrobali.com)-

Untuk memperkenalkan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) terutama kepada mahasiswa baru angkatan 2021 dengan harapan dapat mengembangkan minat dan inovasi mahasiswa dalam menuangkan ide dan kreativitasnya melalui penulisan PKM serta dapat berprestasi di tingkat nasional, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana (BEM FMIPA) laksanakan rangkaian kegiatan 3 Big Events PKM yang tahun ini dilaksanakan secara daring (online) pada tanggal 26 dan 27 Februari 2022.

Kegiatan yang penuh rasa kekeluargaan dan pemikiran yang kritis dengan mengusung tema “Meningkatkan Minat Mahasiswa dalam Berinovasi dan Berkreasi Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Demi Mewujudkan Generasi Muda Unggul” ini diikuti oleh 452 mahasiswa dari seluruh program studi di linkungan FMIPA, dihadiri pula oleh Dekan dan wakil dekan FMIPA, Koordinator program studi di lingkungan FMIPA, Dosen pembina Kemahasiswaan FMIPA, ketua BEM, Ketua BPM, serta Ketua himpunan mahasiswa di lingkungan FMIPA secara daring selama dua hari 26-27 Februari 2022 ini diharapkan mampu menghasilkan porposal PKM yang dapat dikompetisikan pada ajang PIMNAS 2022.

Selain peserta diberikan penjelasan cara membuat proposal yang baik tentang

PKM-K dan PKM-R oleh Dr. Sagung Chandra Yowani, S.Si., M.Si., Apt.,

PKM-AI dan PKM-PM oleh Dr. Ni Luh Suriani, S.Si, M.Si,

PKM-GT dan PKM-KC oleh Ni Putu Linda Laksmiani, S.Farm., M.Sc.,Apt

PKM-PI dan PKM-GFK oleh Drs. I Wayan Santiyasa, M.Si

Juga diisi dengan sharing session terkait tips and trik dalam penyusunan proposal PKM sehingga dapat lolos ke PIMNAS yang akan disampaikan oleh I Made Putra Arya Winata, yakni mahasiswa aktif dari Fakultas Teknik Universitas Udayana yang memiliki pengalaman lolos PIMNAS pada tahun 2020 dan 2021, sesi ini sekaligus menjadi salah satu inovasi dalam kegiatan Inisiasi PKM FMIPA 2022.

Baca Juga :
Adi Susanto Kembali Laporkan AWK ke BK DPD RI Akibat Tak Patuh Jalani Sanksi, Berharap AWK Dipecat

Ketua panitia INISIASI PKM FMIPA, Ni Luh Dian Saptari Amelia Putri dari prodi Farmasi dalam laporannya menyampaikan kegiatan yang diikuti oleh 452 orang peserta ini diawali dengan pendaftaran pada tanggal 21-25 Februari, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan puncak pada tanggal 26 dan 27 Februari 2022. Besar harapannya mahasiswa FMIPA yang mengikuti inisiasi PKM ini dapat memahami segala ilmu yang didapatkan pada acara puncak sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan tujuan dan tema inisiasi PKM 2022. Draft porposal PKM sabagai output kegiatan yang pengerjaannya selama tiga minggu ini nantinya masih perlu digodok pada PPP (Pelatihan Penulisan Proposal) tahun 2022, sehingga didapatkan proposal utuh sebagai perwakilan dari FMIPA pada ajang seleksi di tingkat Universitas.

Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua BEM FMIPA saudara Eka Saputra dari prodi Fisika, disampaikan ucapan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras merealisasikan kegiatan tahunan BEM FMIPA, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada nara sumber yang telah bersedia meluangkan waktu dalam memberikan materi PKM, serta seluruh peserta yang telah hadir dan berpartisipasi. Eka menaruh harapan yang besar pada kegiatan ini dimana diharapkan kegiatan INISIASI PKM FMIPA 2022 yang telah dirancang dengan baik ini dapat meningkatnya lolosnya tim PKM FMIPA ke ajang Pimnas 2022.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Dekan FMIPA Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Si, Ph.D, yang didampingi oleh para wakil Dekan FMIPA UNUD menyampaikan bahwa peran mahasiswa dalam prestasi utamanya PKM sangat penting dalam pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Udayana. Sehingga diharapkan seluruh peserta yang hadir pada acara ini dapat lolos minimal pada tingkat universitas. Watiniasih juga mengharapkan para koordinator program studi di lingkungan FMIPA dapat menekankan peran serta dosen pembimbing PKM agar dapat melaksanakan bimbingan sebaik-baiknya sehingga apa yang menjadi harapan kita semua dapat tercapai. (rls)

Baca Juga :
Kelurahan Sumerta Lakukan Monitoring dan Sosialisasi Protokol Kesehatan Berniaga di Pasar Ketapian

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas651-Tingkatkan-prestasi-tingkat-nasional-BEM-FMIPA-UNUD-selenggarakan-INISIASI-PKM-2022.html