Jakarta, (Metrobali.com)

Agar performa kendaraan kesayangan berjalan optimal, memilih aki mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, terdapat beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan lebih dahulu sebelum memilih produk aki terbaik.

Pasalnya, tanpa adanya aki mobil bisa mengalami kerusakan pada bagian electronic control unit atau ECU. Sebab, aki merupakan komponen yang berfungsi untuk mendukung sistem kelistrikan pada mobil, jika kondisinya lemah maka akan mengganggu berbagai komponen.

Selain tepat memilih aki yang terbaik, Anda juga membutuhkan proteksi asuransi mobil, salah satunya asuransi mobil All Risk di sini yang bisa Anda lihat lengkap di Lifepal.co.id. Memberikan fasilitas asuransi mobil All Risk dengan klaim paling mudah, membuat Anda tidak perlu khawatir akan mendapat penolakan saat ingin melakukan pengajuan klaim.

Tips Memilih Aki Mobil Berkualitas

Untuk mendapatkan produk berkualitas, Anda tentu membutuhkan tips khusus. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

1. Pastikan Anda Membeli dari Toko Terpercaya

Cara memilih aki mobil yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan pembelian pada toko terpercaya. Mengapa demikian?

Sebab, dengan begitu Anda dapat memilih berbagai macam varian aki yang ada. Selain itu, terkadang pemilik kios juga akan memberikan saran terbaik terhadap kualitas aki yang sesuai dengan kebutuhan.

Apabila Anda ragu untuk membeli pada sebuah toko atau bengkel. Anda juga dapat mencarinya melalui toko resmi sesuai dengan merk kendaraan.

Misalnya, jika aki mobil Anda ertiga, maka Anda dapat mengunjungi situs resmi Suzuki untuk membelinya.

2. Pilih Jenis Aki yang Sesuai

Jenis aki sangat berpengaruh terhadap kualitas yang akan diterima oleh mobil bukan?

Oleh karena itu, jika Anda telah merasa cocok pada salah satu jenis aki. Pastikan untuk mengingatnya agar pembelian bisa Anda lakukan dengan mudah.

Baca Juga :
Mengajak Masyarakat Jakarta Memilah Sampah

Apabila Anda belum menemukan jenis aki yang cocok, mungkin akan sangat kesulitan. Namun, solusi terbaik yang bisa Anda ambil adalah dengan mendatangi bengkel rekanan mobil untuk melakukan servis.

Anda bisa menanyakan produk aki yang bagus untuk kendaraan Anda itu apa, sehingga nantinya dapat memperkirakan dana darurat untuk kebutuhan aki mobil.

3. Perhatikan Kapasitas Aki

Selanjutnya, Anda juga bisa menerapkan cara memilih aki mobil dengan memperhatikan kapasitasnya. Sebab, setiap aki yang dimiliki oleh kendaraan tentunya terdapat ukuran, ampere, dimensi, serta tegangan yang berbeda.

Untuk memudahkan proses pengecekan, Anda bisa melihatnya pada buku manual mobil. Atau jika masih bingung, Anda juga dapat mendiskusikannya dengan toko atau bengkel resmi mobil.

Untuk mendapatkan kapasitas aki yang awet dan tidak mudah soak. Kami menyarankan agar Anda memiliki jenis aki dengan tegangan jauh lebih kecil dibandingkan standar mobil.

Pasalnya, apabila aki memiliki tegangan besar dapat menyebabkan kerusakan komponen listrik di bagian dalam.

4. Jauhi Pembelian Aki Bekas

Jika Anda ingin menghemat budget dalam urusan pergantian aki. Pastikan untuk mempertimbangkan performa mobil dengan baik.

Sebab, apabila Anda asal melakukan pembelian dan memilih untuk mengambil aki bekas nantinya akan memberikan dampak buruk pada kesehatan mobil Anda.

Jadi, meskipun sedikit mahal sebaiknya Anda tetap memilih aki dalam kondisi baru. cara memilih aki mobil ini akan menentukan kualitas dan optimasi pemakaian dalam kurun waktu tertentu.

Jangan sampai setelah pembelian, beberapa saat Anda harus menggantinya kembali. Bukannya menghemat biaya, melainkan akan terjadi pembengkakan dana darurat.

5. Sesuaikan Aki dengan Spesifikasinya

Anda tentu tidak bisa memilih produk aki sembarangan, sebab akan mempengaruhi performa mobil yang dimiliki. Oleh karena itu, cara memilih aki mobil berikutnya yaitu dengan membeli sesuai dengan spesifikasi yang Anda miliki.

Baca Juga :
Polisi mengenal Djeni penipu "licin" gelapkan 62 mobil dalam dua bulan

Apabila mobil Anda masuk dalam kategori tanpa modifikasi yang rumit. Contohnya seperti tingkat keterangan lampu ataupun sound system yang perlu diganti. Maka, Anda bisa memilih aki standar untuk mobil.

Anda juga bisa mengkonsultasikan kebutuhan ini bersama bengkel atau toko rekanan. Tujuannya agar Anda dapat menemukan aki dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan mobil.

Cara memilih aki mobil terbaik menjadi salah satu langkah untuk merawat kesehatan kendaraan. Sehingga Anda dapat meminimalisir risiko kerusakan yang terjadi.

Langkah lain yang bisa Anda pilih untuk melakukan perawatan yaitu dengan menggunakan asuransi. Salah satu caranya, memilih di Lifepal.co.id, marketplace asuransi terpercaya dengan biaya premi terjangkau.