Foto: Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) berfoto bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho dan penerima bantuan paket sembako PSBI, di Jro Anyar Taman Prenem, Peguyangan, Denpasar, Minggu pagi (4/7/2021).

Denpasar (Metrobali.com)

Masih serangkaian peringataan  HUT ke-68 Bank Indonesia yang jatuh pada 1 Juli 2021, Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho kembali menyerahkan bantuan sembako lewat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Bantuan 1.000 paket sembako yang diserahkan kepada 10 kelompok masyarakat di Jro Anyar Taman Prenem, Peguyangan, Denpasar, Minggu pagi (4/7/2021) ibarat kado HUT dari BI kepada masyarakat Bali agar dapat bertahan menghadapi pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan sembako PSBI ini sebagai tindak lanjut dari direalisasikannya Proposal DPN Peradah oleh Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia dan disetujui sebanyak 1.000 paket sembako/kebutuhan pokok masyarakat.

Diharapkan dengan adanya bantuan paket sembako ini bisa menurunkan beban pengeluaran rumah tangga, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pangan, sehingga membuat kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi. Bagi para pelaku UMKM, program ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Kelompok masyarakat penerima bantuan sembako PSBI ini yakni DPN Peradah Indonesia 150 paket, Karang Taruna Komala Dharma Bhakti Denpasar 90 paket,  Pengempon Pura Taman Keraban Langit Peguyangan Denpasar 50 paket.

Lalu Dusun Mekar Sari Desa Dauh Puri Kaja Denpasar 50 paket, Pura Dalem Penataran lan Khayangan Prajapati Klod Kota Denpasar 100 paket, Pengempon Pura Pamerajan Agung Pasimpangan Grya Sakti Manuaba Kabupaten Tabanan 100 paket.

Baca Juga :
Muhammadiyah : Jangan Mudah Diadu-Domba "Kampanye Hitam"

Selanjutnya kepada Banjar Pagan Kaja Desa Šumerta Kauh Kota Denpasar 95 paket, Pengempon Pura Pengrebungan Desa Pakraman Sidakarya Denpasar 150 paket, Dadia Pasek Gelgel Kelurahan Kesiman Kota Denpasar 100 paket, dan Pura Batur Pande Tonja Kota Denpasar 65 paket.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan bantuan sembako ini dirasakan penting terus digulirkan sebab dapat meringankan beban masyarakat.

“Ini kepedulian BI bersama Pak Gung Rai Wirajaya dan bentuk kerjasama yang bagus selama ini dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19 dimana kita hanya sebagai perantara,” ujar Trisno Nugroho.

Pihaknya pun memotivasi masyarakat agar tetap semangat dan optimis menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 1,5 tahun.

“BI akan tetap berikan semangat dan motivasi pada kita semua. Kita mesti optimis, Amerika mulai bangkit, negara Eropa mulai bangkit. Indonesia dan khususnya Bali juga harus bangkit. Jadi kita himbau masyarakat tetap jalankan prokes ketat dan mari berusaha Bali bisa bangkit secara perlahan,” kata Trisno.

BI Bali pun mengapresiasi dan mendukung penuh vaksinasi di Bali berjalan terus. Apalagi anak-anak usia 12-17 tahun sudah sejak kemarin divaksinasi. “Semoga sampai September selesai vaksinasi,” tegas Sutrisno.

Sementara itu Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) mengapresiasi spirit BI Bali dipimpin Trisno Nugroho membangun Bali sangat tinggi. Terlebih juga BI terus menggulirkan bantuan sembako PSBI. “Sembako ini ibarat surprise kado untuk masyarakat Bali di hari ulang tahun ke-68 BI,” kata Rai Wirajaya seraya menyebutkan permintaan bantuan sembako dari masyarakat terus mengalir.

“Kegiatan BI banyak bisa membantu masyarakat, menjaga ekonomi. BI tidak semata mata berikan sembako tapi jaga inflasi di seluruh Indonesia, di daerah dalam bentuk TPID,” sambung Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini.

Baca Juga :
6 Perempuan Millenial Akan Gantikan Erick Thohir Jadi Menteri Sehari

Rai Wirajaya juga mengucapkan selamat HUT ke-68 Bank Indonesia yang jatuh pada 1 Juli 2021, semoga tetap menjaga moneter dan ekonomi bangsa Indonesia.

“Kami ingin menyambut memberikan support kepada Bank Indonesia bahwa Bank Indonesia melekat di hati masyarakat. Bank Indonesia juga turut serta membangun ekonomi Bali dan juga ekonomi moneter bangsa Indonesia,” ujar Anggota DPR RI empat periode ini.

Ia lantas mengapresiasi kinerja Bank Indonesia yang selama ini sudah luar biasa banyak melakukan upaya membangkitkan perekonomian Bali dan membantu masyarakat Bali dengan bantuan sembako PSBI.

“Sembako ini penting bagi masyarakat Bali karena situasi pandemi ini belum pasti kapan selesainya. Tidak ada yang bisa menjawab kapan pandemi Covid-19 ini selesai. Makanya dukungan Bank Indonesia ini sangat luar biasa di tengah HUT ke-68,” ujarnya.

I Gede Komang Angga Dianaputra mewakili Ketua Umun DPN Peradah I Gede Aryawan (Ige) berterima kasih atas bantuan sembako yang disalurkan BI ini. Di HUT ke-68 BI, pihaknya juga berharap Bank Indonesia semakin maju dan memberikan langkah kebijakan strategis dalam menjaga stabilitas ekonomi di Bali dan Indonesia umumnya.

Nyoman Arnawa, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan mewakili masyarakat penerima sangat berterima kasih dan mengapresiasi bantuan sembako yang disalurkan Rai Wirajaya bersama BI Bali. Bantuan sembako ini dirasakan sangat meringankan beban masyarakat. (dan)