Buleleng, (Metrobali.com)

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, pada Senin, 13 Juni 2022 memantau dan mengevaluasi kegiatan Government Transformation Academy (GTA) di Kabupaten Buleleng, dan mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng untuk terus meningkatkan sinergi ke pemerintah pusat demi kemajuan daerah.

Kepala Bidang Komunikasi Direktorat Politik dan Komunikasi Bappenas RI, Dewi Sri Sofyaningsih, meminta Pemkab Buleleng untuk menjaga koordinasi dan sinkronisasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Pemkab Buleleng secara keseluruhan.

Iapun mencontohkan, program GTA yang terselenggara bersinergi dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta itu terpantau berjalan dengan sangat baik. Hal tersebut karena program tersebut dirancang dan dijalankan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Buleleng.

“Program ini sangat-sangat bagus, apalagi kalau tadi kita melihat di daerah memang betul-betul yang diperlukan oleh ASN di OPD terkait,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dewi Sri mengatakan, dengan diadakan program ini sangat menyangkut dalam ketenagakerjaan, perindustrian, perdagangan, pertanian, dan banyak yang lainnya. “Ini menjadi suatu perhatian khusus agar mengkomunikasikan dan di informasikan ke OPD terkait bahwa Dinas Kominfo ada kerjasama yang dilaksanakan seperti ini,” ujarnya.

Lebih jauh, pihaknya berpesan supaya dinas-dinas terkait agar berkolaborasi dengan sektor-sektor Pemerintah Pusat. Karena secara kebutuhan talenta digital ini sangat dibutuhkan dan target yang sangat besar.

“Saya akan mendiskusikan juga sama teman-teman di Bappenas supaya apa yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo ini berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Melihat hal itu, Dewi Sri berharap, kerjasama dan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) ini sangat bagus karena bisa membantu target-target yang ditetapkan dapat tercapai. GS

Baca Juga :
TKN Siap Hadapi Gugatan di Mahkamah Konstitusi