Foto: Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya menyerahkan bantuan paket sembako lewat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Jero Prenem, Jalan Suradipa 12 Peguyangan Kaja, Denpasar, Sabtu (27/3/2021).

Denpasar (Metrobali.com)-

Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya bersama mitra kerjanya di Bank Indonesia (BI) secara maraton dan berkelanjutan terus menggelontorkan bantuan sembako kepada sejumlah kelompok masyarakat untuk bertahan menghadapi pandemi Covid-19 yang belum usai.

Kali ini paket sembako ini merupakan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kembali disalurkan Rai Wirajaya dan diserahkan kepada perwakilan penerima di Jero Prenem, Jalan Suradipa 12 Peguyangan Kaja, Denpasar, Sabtu (27/3/2021)

Bantuan sembako PSBI ini berjumlah 1.000 paket sembako dan ditambahkan 200 paket sembako bantuan pribadi dari Rai Wirajaya sehingga total bantuan sembako yang disalurkan berjumlah 1.200 paket kepada sejumlah kelompok penerima.

Sebelumya proposal bantuan sembako ini diajukan oleh Banjar Batu Paras Desa Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar lalu difasilitasi oleh Rai Wirajaya untuk disampaikan ke mitra kerjanya di Bank Indonesia hingga bantuan ini dapat disalurkan ke warga yang membutuhkan.

Total ada 11 kelompok penerima total bantuan 1.200 paket sembako ini yang tersebar di tiga kabupaten/kota di Bali yakni Kota Denpasar, Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Karangasem. Untuk di Karangsem dan Tabanan yakni Dadia Pura Kanginan – Desa Labasari Karangasem, Koordinator Komunitas Kayon – Desa Geluntung Tabanan.

Untuk di Kota Denpasar yakni Banjar Batu Paras Desa Padangsambian Kaja, Desa Adat Pedungan, Banjar Lumbungsari – Desa Dangin Puri Kaja, Banjar Kalanganyar – Desa Dangin Puri Kaja, Banjar Karangsari – Desa Dangin Puri Kaja, Banjar Umasari – Desa Dangin Puri Kaja, Banjar Sanglah – Desa Dauh Puri Kelod,  Pengempon Merajan Ageng Griya Penyaitan – Denpasar, Banjar Adat Merta Rauh Kaja.

Baca Juga :
BLH Bali Sesalkan Masyarakat Buang Sampah Bangunan Sembarangan di Denpasar

“Ini bentuk kerjasama kami dengan BI untuk membantu meringankan beban masyarakat agar tetap survive dan semangat menghadapi pandemi. Kita harus terus berkelanjutan bangkitkan ekonomi Bali sesuai harapan Pemprov Bali, dan agar tetap semangat jaga kesehatan,” ujar Rai Wirajaya yang merupakan Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan ini.

Rai Wirajaya mengaku bersyukur bisa kembali menyalurkan bantuan paket sembako lewat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). “Dalam menjaga kelangsungan hidup kita, kami ingin tetap memotivasi dalam bentuk bantuan sembako dari mitra kerja kami di Bank Indonesia,” tegas Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini.

Dikatakan pihaknya bersama mitra kerja Bank Indonesia akan terus memberikan bantuan dan memotivasai masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. “Di tahun ini sampai akhir Desember akan kami lakukan berkelanjutan (pemberian bantuan sembako) bersama mitra kerja di Bank Indonesia yang telah banyak membantu negara kita dalam bentuk burden sharing,” ujar politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan, Denpasar ini.

Untuk diketahui skema burden sharing atau menanggung beban bersama antara Bank Indonesia dan pemerintah berdasarkan keputusan bersama Menteri Keuangan yang pertama, pada 16 April 2020, akan berlanjut hingga 2022.

Berdasarkan keputusan bersama yang pertama, pembelian SBN (Surat Berharga Negara) oleh BI akan tetap dilanjutkan pada 2021 dan 2022, di mana BI berperan sebagai standby buyer hingga 25 persen dari jumlah yang dilelang pemerintah.

Sementara itu para perwakilan kelompok masyarakat penerima bantuan dari Rai Wirajaya dan PSBI ini menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas bantuan yang diberikan. “Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Agung Rai Wirajaya yang sudah membantu sembako untuk warga kami di Karangasem,“kata Anggota DPRD Kabupaten Karangasem Ni Kadek Sri Diwahyuni.

Baca Juga :
PDAM Denpasar Fokus Berikan Pelayanan Prima di Usia ke- 22 Tahun

Hal senada disampaikan Anggota DPRD Tabanan Putu Yuni Widyadnyani. “Semoga sembako ini bermanfaat dan meringankan beban warga yang sudah setahun lebih menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ujar politisi PDI Perjuangan ini. (wid)