Bali Safari & Marine Park : Tak Sekadar Wisata Satwa di Bali

single-image

Gianyar (Metrobali.com)-

Bali Safari & Marine Park (BSMP), tak sekadara menikmati wisata satwa saja. Disitu  jugada konservasi hewan, gedung pertunjukan, restourant kelas internasional bahkan Hotel dan lainya.  Nah, disatu sisi pada gelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke 67, BSMP juga menggelar upacara meriah di halaman depan tepat pada 17 Agustus 2012. Catatan yang unik disini ialah dengan diikut sertakan nya pula binatang gajah dalam rangkaian upacara tersebut.

Deputy Manager BSMP, Ana Dewi Permana mengatakan bahwa selain acara pokok yakni memperingati HUT RI dengan harapan bisa memaknai, sekaligus mengimplementasikan hari kemerdekaan ke 67 ini, adalah juga satu terapan yang mesti dibiasakan dalam perusahaan swasta di lingkupnya dalam memperingati HUT RI. “ Bahwa perusahaan swasta seperti disini, juga mesti menggelar upacara HUT RI, tidak saja mesti dari instansi pemerintah saja “ungkapnya. Sebab menurutnya pula, bahwa nasionalisme yang belakangan ini disinyalir banyak terjadi degradasi yang sudah pada tahap cukup mengkhawatirkan, langkah nyata meraih kembali jatidiri nasionalisme yang seutuhnya perlu terus untuk kembali digelorakan dari semua lini, tidak terkecuali.

Nah, kemudian apa saja sekilas tentang isi BSMP ? Inilah hasil penelusuran penulis yang sempat diajak Oleh Corporate Secretary, Luh Ketut AG Juni S, melihat-lihat lokasi dengan keberadaan aneka binatang yang ada di lokasi dengan total luas lahan 40 hektar lebih itu.  Pertama dari aneka satwa laut,  ikan dengan berbagai macam ragamnya yang ditata seperti dialam aslinya. Selanjutnya, dilokasi lain juga disediakan arena permainan anak anak, juga hingga Fun Zoen yang sangat memacu andrenalin itu.

Kemudian untuk melihat lokasi binatang yang berada di alam bebas, pengunjung naik sebuah bus khusus mengelilingi lokasi yang berturut akan melihat hewan dari macan tutul, gajah, badak, singa, kuda nil, onta, zebra, dan masih banyak lagi binatang yang ditempatkan pada hutan buatan yang persis dengan kebiasaanya mereka hidup asli di habitatnya di hutan. Sementara untuk harimau putih (ada dua ekor), ditempatkan dalam kandang khusus dengan dibatasi pula oleh kaca tebal panjang, tinggi dan lebar untuk para wisatawan bisa melihat denagn jelas aksi sang harimau putih yang gagah  dan anggun itu.

Baca Juga :
KBS Melaksanakan Reses Masa Persidangan I Tahun 2017-2018 

BSMP  juga menyediakan satu pertunjukan satwa untuk pengunjung, gedung Bali Agung Teater untuk pertunjukan, Hotel, dan restourant menu nasional sampai internasional. Bahwa disitu tidak hanya sebuah ‘kebun binatang’, namun juga tempat konservasi satwa, untuk mengantisipasi kepunahan satwa yang ada. Sementara ini untuk pengunjung saat ini masih didominasi oleh ekpatriat serta tamu dari luar bali. Rata -rata perhari sampai puluhan hingga ratusan orang datang, dengan tiket untuk para warga asing satu orang sekitar Rp  I juta lebih, sedang lokal sekitar Rp 100 ribu lebih untuk satu orang.  HP-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.