Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar menyerahkan penghargaan Hasil  Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah KabupatenKota se-Indonesia kepada Bupati Badung A.A. Gde Agung di Balai K
Mangupura (Metrobali.com)-

Komitmen dan kepatuhan Pemerintah Kabupaten Badung dengan mengajak segenap Satuan kerja Pemerintah Daerah (SKPD) untuk bersinergi serta dengan sungguh-sungguh merespon LAKIP bahkan dengan menempatkan LAKIP sebagai Rapor dalam menilai kinerja pimpinan SKPD, akhirnya berhasil mengantarkan Pemerintah Kabupaten Badung berhasil meraih peringkat tertinggi satu satunya di Provinsi Bali dalam penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) 2013.

Penilaian ini dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Penyerahan Penghargaan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten / Kota se Indonesia Tahun 2013 yang dihadiri oleh Inspektur jendral Kemendagri,Deputi KPK, BPK RI ,Bapenas serta segenap Bupati/Walikota se-Indonesia ini diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar yang diterima Bupati Badung Anak Agung Gde Agung di Balai Kartini jakarta Rabu (29/1).

Bupati Badung Anak Agung Gde Agung didampingi oleh Sekda Badung Kompyang R. Swandika, Kepala Bappeda Litbang Wayan Suambara, Kepala Kesbang Pol Linmas Nyoman Suendi, Kabag Ortal Wayan Wijana serta Kabag Humas dan Protokol AA. Gde Raka Yuda mengatakan bahwa LAKIP merupakan instrumen penting dalam upaya mewujudkan percepatan reformasi birokrasi yang tercermin dengan tersuguhnya pelayanan publik yang semakin baik.

Dikatakannya bahwa penghargaan LAKIP ini merupakan buah kerja keras bersama, terutama komitmen serta kepatuhan Pimpinan beserta segenap staf untuk dapat bekerja dengan berorientasi pada hasil. “oleh karenanya keberhasilan meraih penghargaan ini patut disyukuri mengingat untuk meraih nilai B memang tidak mudah, saat ini dari 451 Kabupaten/kota seluruh Indonesia, yang mampu meraih penghargaaan dengan nilai B dalam tahun 2013 hanya 3 kabupaten dan 1 Kota yakni Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sleman, Kabupaten Badung dan Kota Menado. Keberhasilan meraih Penghargaan LAKIP dengan nilai B membuat kabupaten Badung menjadi satu – satunya kabupaten di Bali yang mampu menyandingkan penghargaan bergengsi dalam hal tata kelola Pemerintahan yakni WTP dengan LAKIP.

Baca Juga :
Istri Pembunuh Warga Inggris Ungkap Sikap Korban

Atas Apresiasi dari Kemenpan-RB atas akuntabilitas kinerja dalam tahun 2013 ini, Bupati Gde Agung juga meneyampaikan terima kasih kepada Sekretaris Daerah, pimpinan SKPD beserta seluruh Staf lingkup Pemkab Badung atas kerja keras dan kekompakannya dengan menunjukkan kinerja dan prestasi yang semakin baik, sehingga akuntabilitas kinerja pemerintah Kabupaten badung mendapatkan penilaian yang lebih baik dengan hasil B dari Kementerian PAN-RB,” ucapnya

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar menegaskan bahwa saat ini akuntabilitas kinerja pemerintah baik di pusat dan daerah semakin membaik, hal ini menunjukkan adanya upaya-upaya dari instansi pemerintah untuk meningkatkan kinerja mereka. Kuncinya adalah komitmen dari pimpinan untuk terus menggaris bawahi kepada stafnya bahwa LAKIP ini penting,” Akutabilitas kinerja yang baik dapat dilihat dari keselerasan antara rencana dengan apa yang dicapai. Laporan capaian kinerja harus selaras dengan apa yang telah direncanakan serta terhadap apa yang telah dilaksanakan sebelumnya. dikatakannya bahwa Laporan Hasil Evaluasi AKIP ini dapat dijadikan masukan bagi penentu arah kebijakan pelaksanaan pembangunan dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik ” tegasnya.

Menpan Aswar Abubakar juga menekankan bahwa melalui perencanaan anggaran yang berbasis kinerja ini diharapkan setiap daerah mampu melakukan inovasi terutama dalam peningkatan kualitas pelayanan publik . lebih lanjut dia juga mengungkapkan bahwa evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah ini mencakup review dan evaluasi atas aspek perencaan kinerja, aspek pelaporan kinerja, dan aspek evaluasi kinerja internal, serta aspek capaian kinerja outputdan outcomenya dengan melihat hasil akhirnya” pungkasnya.

Sementara Sekda Badung Kompyang R. Swandika didampingi Kabag Organisasi Wayan Wijana menambahkan bahwa Untuk mengembangkan dan memantapkan sistem Akuntabilitas instansi Pemerintah (AKIP) di Badung, sudah dibentuk TIM PENGEMBANGAN AKIP KABUPATEN BADUNG berdasarkan Keputusan Bupati Nomor :119 / 01 / HK/ 2014 dengan melibatkan SKPD terkait dan orang – orang yang memiliki kompetensi dalam bidang akuntabilitas kinerja. Kedepan kata Kompyang dalam upaya meningkatkan Akuntabilitas ini akan terus diupayakan adanya keselarasan antara perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan terhadap Program dan kegiatan yang dilaksanakan sehingga pencapaian sasaran, tujuan, visi dan misi sebagaimana tercantum dalam RPJMD 2010 – 2015 dapat terwujud dengan baik. “ujarnya. TAR-MB

Baca Juga :
Masyarakat Keluhkan Kosongnya Pelat Nomor Kendaraan Bermotor