Mangupura (Metrobali.com)-

Kegiatan Pemilihan Jegeg Bagus sejalan dengan upaya pemerintah dalam membangun manusia seutuhnya yang sehat jasmani dan rohani, berakhlak serta berbudi pekerti yang luhur. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta dalam acara Pemilihan Jegeg Bagus Bali Tingkat Kabupaten Badung Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Badung bertempat di Hotel Adi Jaya Sunset Kuta, Jumat (27/4/2012). Turut hadir anggota DPRD Kab. Badung Putu Yunita Oktarini, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Badung Ny. Ratna Gde Agung, Ketua Gatriwara Kab. Badung Ny. Giri Prasta, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Badung Ny. Kompyang R.Swandika, serta para pejabat di lingkungan pemerintahan Kab.Badung.

Wabup Sudikerta menambahkan bahwa pemilihan Jegeg Bagus ini menitikberatkan pada tiga aspek penilaian yang dikenal dengan 3 B yang meliputi Brain (pengetahuan), Behavior (kepribadian), dan beauty (penampilan/keindahan fisik). Karena hal tersebut maka pemilihan Jegeg Bagus ini merupakan upaya positif sekaligus ajang dalam mengembangkan kreasi dan inovasi bagi generasi muda untuk meningkatkan serta memantapkan eksistensi dan perannya dalam membangun negeri tercinta.

Sudikerta juga berharap agar kegiatan ini nantinya bisa memotivasi para generasi muda untuk semakin meningkatkan kualitas diri dengan menimba ilmu pengetahuan dan mengembangkan kemampuan teknologi disamping mempertebal keyakinan spiritual terhadap Tuhan yang Maha Esa. “Kecantikan/keindahan yang sejati terpancar dalam kepribadian seseorang yang tak akan pernah pudar oleh usia, dan semoga  Jegeg Bagus ini bisa menjadi duta – duta wisata Bali khususnya Kabupaten Badung.”katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kab. Badung Cokorda Raka Darmawan,SH,MSi selaku Ketua penyelenggara mengatakan  bahwa maksud diadakannya kegiatan ini adalah terpilihnya duta pariwisata Kab.badung untuk diajukan ke grand final tingkat Provinsi Bali, serta bertujuan sebagai media untuk menyalurkan potensi dan daya kreatifitas generasi muda yang sehat jasmani dan rohani,serta  sebagai  mitra pemerintah Kab.Badung untuk mempromosikan pariwisata Kab. Badung khususnya dan Bali pada umumnya.

Baca Juga :
MPR ingin KPK perkuat fungsi pencegahan

Peserta Jegeg Bagus Kab.Badung tahun 2012 sebanyak 27 orang pria (Bagus) dan 25 orang wanita (Jegeg), yang diikuti dari kecamatan se-Badung disamping yang berasal dari SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Kab. Badung serta metode seleksi dilaksanakan melalui metode wawancara, tes tulis dan praktek langsung. GAB-MB