Mangupura (Metrobali.com)-

PAUD merupakan salah satu kebijakan strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) mengingat bahwa usia dini ini merupakan masa keemasan (the golden age) namun sekaligus periode yang sangat kritis dalam perkembangan manusia karena hasil penelitian mengungkapkan bahwa sampai usia 4 tahun tingkat kapabilitas  kecerdasan anak telah mencapai 50% pada usia 8 tahun keatas,” ucap Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Badung Drs. I Ketut Widia Astika pada saat membuka acara pelatihan pengelola PAUD Se-Badung, Selasa (9/10) bertempat di Gedung Wanita Karya Graha Lumintang. Hadir pada kesempatan itu Ketua GOP TKI yang juga Ketua DWP Kab. Badung Nyonya Kompyang R Swandika beserta jajarannya, Kepala Seksi Pendidikan Luar Sekolah Kab. Badung, Ketua IGTKI Kab. Badung, Para Penyaji/Narasumber serta seluruh peserta pelatihan pengelola PAUD se-Badung.

Widia Astika menyampaikan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sangat menentukan derajat kualitas kesehatan, integensi, kematangan emosional dan produktifitas manusia pada tahap berikutnya. Dengan demikian perkembangan anak usia dini merupakan investasi sangat penting bagi SDM yang berkualitas. Kami sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh GOP TKI, karena sudah melaksanakan langkah-langkah kongkrit untuk melakukan pembinaan kepada anak usia dini karena anak usia dini perlu diberikan ruang untuk berkreasi sehingga waktu aktivitas bermainnya betul-betul terarah dan bermanfaat. Mari kita bersama-sama dan bersungguh-sungguh untuk terus membina anak-anak kita jangan sampai terlambat karena kita tahu bahwa usia emas anak itu datangnya sekali dalam hidupnya,”ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan mari kita sikapi dan cermati bersama-sama setiap kegiatan/aktifitas tentang anak usia dini dengan baik, secara simultan. Mari terus sosialisasikan PAUD ini kepada masyarakat luas sehingga masyarakat betul-betul memahami pentingnya pendidikan anak usia dini dan nantinya dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi anak-anak kita terus terlayani pendidikan usia dininya, “ajak Astika.

Baca Juga :
Sigma : Intervensi Presiden Terhadap Polri Terbatas

Ketua GOP TKI yang juga Ketua DWP Kab. Badung Nyonya Kompyang R Swandika menyapaikan tujuan pelatihan pengelola PAUD se-Badung ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengelola PAUD dalam pengembangan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK). Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru TK se-Badung yang berjumlah sebanyak 150 orang/peserta, berlangsung selama tiga hari mulai hari ini tanggal 9 sampai dengan 11 Oktober 2012 bertempat di Gedung Wanita Karya Graha Lumintang. Dengan penyaji/narasumber dari IGTKI Provinsi Bali Cok Istri Mas Minggu Wantini. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Badung dan IGTKI Kab. Badung.

Diakhir acara pembukaan pelaksanaan pelatihan pengelola PAUD se-Badung Ketua GOP TKI Kab. Badung  memberikan bantuan berupa Buku Panduan Brand Power sebanyak dua puluh set kepada Sekolah TK se-Badung. IKA-MB