Mangupura (Metrobali.com)-

Dalam upaya membina serta mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial, Pemerintah Kabupaten Badung menggelar kursus Pembina pramuka mahir tingkat dasar, Senin (15/10) di Balai Penyuluhan Pertanian Abiansemal. Kegiatan kursus pembina pramuka dibuka Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung I Ketut Sudikerta yang diwakili Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung I Made Suambi. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 21 Oktober mendatang diikuti guru-guru SD, SMP, SMA/SMK se-Badung berjumlah 60 orang.

Sambutan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung menekankan, bahwa dengan revitalisasi gerakan pramuka adalah upaya meningkatkan pemberdayaan gerakan pramuka yang dilaksanakan secara sistematis, berkelanjutan dan terencana untuk lebih meningkatkan peran fungsi dan tugas pokok gerakan pramuka.

Tujuan utama revitalisasi gerakan pramuka adalah memberdayakan gugus depan sehingga dapat berfungsi optimal sebagai unit pendidikan kepramukaan. Adapun sasaran bagi tenaga pendidik adalah dengan meningkatkan jumlah dan mutu para Pembina gugus depan itu sendiri, sehingga hal ini dapat diupayakan melalui pendidikan orang dewasa dengan melaksanakan kursus Pembina pramuka mahir tingkat dasar. “Kegiatan ini bertujuan untuk merekrut Pembina baru sehingga memiliki kompetensi mengelola gugus depan itu sendiri,” jelasnya.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara Nengah Mustika melaporkan, materi kursus disajikan dengan pendekatan andragogi berfokus pada pembelajaran diri interaktif, progresif dengan melibatkan peserta secara langsung dalam proses pembelajaran. Narasumber adalah Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Perhutanan Badung tentang kebijakan Satuan Karya Pramuka (SAKA) di Badung dan pelatih terdiri dari korps pelatih Pembina pramuka kwarcab Badung. IKA-MB

Baca Juga :
Ormas Berani Sweeping Berhadapan dengan TNI