Washington (Metrobali.com)-

Kabupaten Badung sebagai destinasi pariwisata internasional di Bali diharapkan dapat berperan dalam mempererat hubungan persahabatan Indonesia dan Amerika Serikat. Kekayaan seni budaya akan memainkan peranan yang penting dalam upaya perkuatan hubungan tersebut. Salah satu bentuk dukungan tersebut antara lain dapat dilakukan dengan menyumbangkan sebuah patung yang dapat mewakili budaya Indonesia.

Demikian terungkap dalam pembicaraan  khusus antara Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dr. Dino Patti Djalal dan Bupati Badung Anak Agung Gde Agung di sela-sela ramah tamah antara Dubes RI dan 19 Bupati dan Walikota se-Indonesia peserta Executive Education Training Program Harvard Kennedy School di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat, Jumat (11/10) lalu pukul 14.00 waktu setempat.

Dukungan pemerintah lokal dalam hubungan internasional saat ini amatlah penting, antara lain melalui jalur diplomasi budaya. Keberadaan karya seni patung dari Kabupaten Badung di Kota Washington DC dapat menjadi salah satu bentuk diplomasi budaya, dengan tema besarnya adalah East meets West (budaya timur bertemu budaya barat)” imbuh Dubes Dino Patti Djalal.

Terhadap ide tersebut Bupati Gde Agung merasa terhormat dan menyambut baik, dan pada prinsipnya siap memberikan dukungan sebagaimana yang telah selalu dilakukan ketika dilaksanakan event-event internasional di Kabupaten Badung.

Bupati Gde Agung menambahkan bahwa ide tersebut amat cemerlang mengingat Washington merupakan ibukota Amerika Serikat yang amat kaya dengan objek-objek historis dan budaya, sehingga keberadaan sebuah karya seni Indonesia di tengah-tengah kota Washington tentu saja akan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat Amerika Serikat untuk mengenal Indonesia. “Tentunya tema dan bentuk dari patung tersebut harus dikaji secara mendalam aspek historis, filosofis dan sosiologisnya, sehingga dapat memenuhi tujuan diplomasi budaya tersebut,” ungkap Gde Agung.

Baca Juga :
Toshiba Asia Pasific Indonesia Siap Beroperasi Oktober

Lebih lanjut Dubes Dino Patti Djalal mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat Amerika Serikat tengah memberikan perhatian yang besar terhadap Indonesia, mengingat perkembangan demokrasi, serta kemajuan sosial ekonomi yang tergolong pesat. Indonesia menurutnya tengah menikmati momentum strategic privilege (keistimewaan strategis), sehingga digunakan semakin memperkuat kebijakan luar negeri Indonesia yang bebas aktif. HB-MB