Nusa Penida (Metrobali.com)-

Fenomena alam berupa musim kemarau yang berkepanjangan di tahun ini menyebabkan beberapa daerah di Provinsi Bali kesulitan memenuhi kebutuhan dasar minimalnya yaitu kebutuhan akan beras. Masalah ini juga dialami masyarakat di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Demikian terungkap saat Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Ketut Susrama yang mewakili Gubernur Bali Made Mangku Pastika ketika menyerahkan secara simbolis bantuan beras kepada masyarakat Nusa Penida di Kantor Kepala Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Senin (29/10).

Lebih lanjut dikatakan  Susrama bahwa bantuan yang diberikan merupakan cadangan beras pemerintah yang dimiliki oleh Gubernur Bali melalui Dinas Sosial Provinsi Bali. Dan untuk menanggulangi kekeringan di Nusa Penida ini Pemprov menggelontorkan 35,5 ton beras. “Bapak Gubernur memerintahkan kepada kami untuk menanggulangi musim kemarau yang berkepanjangan ini melalui bantuan tanggap darurat berupa beras dari cadangan pemerintah. Beliau berharap bantuan yang dikucurkan dapat meringankan warga kurang mampu yang berada di Nusa Penida” ujarnya.

Menurut Susrama berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Sosial Provinsi Bali ada 3.821 KK Miskin dengan jumlah 12.699 jiwa di Nusa Penida. Sesuai dengan protap penanggulangan bencana yang tertuang dalam Permensos RI Nomor 20 tahun 2012 khususnya untuk bencana kekeringan, bantuan tanggap darurat berupa beras diberikan untuk kebutuhan satu minggu atau tujuh hari dimana satu orang mendapat jatah beras 400 gram per hari sehingga jumlahnya menjadi 35.557 ribu kg atau setara dengan 35,5 ton.  “Karena kita tahu kebutuhan yang paling mendasar bagi masyarakat miskin adalah beras atau pangan ini,” imbuhnya.

Sementara itu,  untuk mengatasi kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Bali Dinas Sosial Provinsi Bali juga mengerahkan bantuan berupa mobil tangki air untuk mensuplai air bersih bagi desa-desa yang rawan kekeringan baik di Kabupaten Klungkung, Karangasem maupun Buleleng.

Baca Juga :
Pemprov Bali Tambah 100 Unit Simantri

Perbekel Desa Batununggul , Wayan Sutama , yang hadir saat itu mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaannya atas bantuan suplai beras dari Pemerintah Provinsi Bali khususnya Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang tentunya akan membantu warga desa Batununggul. “Terima kasih atas perhatian terhadap bencana kekeringan sehingga kebutuhan pokok warga bisa terpenuhi,” ujarnya. IKA-MB