Aspirasi Akar Rumput hingga Rekomendasi Turun, Demokrat Sah Dukung Giriasa di Pilkada Badung

Metro Bali
single-image

Foto: Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) didampingi didampingi Wasekjen DPP Demokrat Wilayah Bali -NTB-NTT Putu Supadma Rudana (kiri) usai menyerahkan untuk Calon Bupati Badung dan Calon Wakil Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa (Paket Giriasa).

Badung (Metrobali.com)-

DPP Partai Demokrat resmi menyerahkan rekomendasi untuk Calon Bupati Badung dan Calon Wakil Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa (Paket Giriasa) di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin (1/09/2020).

Rekomendasi diserahkan langsung Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didampingi Wasekjen DPP Demokrat Wilayah Bali -NTB-NTT Putu Supadma Rudana (PSR), dan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Badung Made Sunarta. Rekomendasi diterima Calon Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa.

Dengan telah diserahkannya rekomendasi ini, DPC Partai Demokrat Kabupaten Badung sah mengusung dan mendukung Paket Giriasa yang diusung PDI Perjuangan pada Pilkada Badung tanggal 9 Desember 2020.

Dalam rekomendasi tersebut, turut diserahkan Formukit B1 KWK oleh Wasekjen Supadma Rudana atas nama Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Badung Made Sunarta menerangkan dukungan kepada Giriasa berasal dari aspirasi kader Demokrat dari bawah. Selain itu dilakukan survei di tahun 2019 dengan memasang sejumlah nama calon yang diprediksi akan maju sebagai kandidat kepala daerah termasuk nama Nyoman Giri Prasta.

Dari beberapa kali survei tersebut, nama Giri Prasta cukup tinggi dibandingkan nama-nama tokoh lainnya. Termasuk survei pasangan yang juga dilakukan internal Partai Demokrat.

“Dari aspirasi kader dan hasil survei Demokrat Badung kemudian membawa ke DPP dan digodok disana. Dan sekarang ini resmi kami Partai Demokrat Kabupaten Badung mendukung dan mengusung Paket Giriasa,” ungkap Sunarta yang juga Wakil Ketua DPRD Badung ini sembari menambahkan elektabilitas Giriasa cukup tinggi di Kabupaten Badung.

Baca Juga :
Desa Dangin Puri Kangin Sabet Juara 1 Lomba Masak Serba Ikan se- Kota Denpasar

Adanya aspirasi akar rumput ini juga diakui Wasekjen DPP Demokrat Wilayah Bali -NTB-NTT Putu Supadma Rudana (PSR). Ia menjelaskan Demokrat mengusung Giriasa karena adanya usulan dari arus bawah (DPC Demokrat Badung) melalui aspirasi dari akar rumput, mulai PAC (Pengurus Anak Cabang) di tingkat kecamatan ranting di tingkat desa dan anak ranting di tingkat banjar yang selanjutnya disampaikan kepada DPP Demokrat.

Aspirasi akar rumput ini pun ditindaklanjuti Wasekjen DPP Demokrat PSR kepada Ketua Umum DPP Demokrat. “Maka komunikasi politik di Badung yang dilakukan Ketua DPC Demokrat Badung PDI Perjuangan ini jadi dasar usulan ke Ketua Umum Demokrat merekomendasikan Giriasa,” kata Supadma Rudana yang juga Anggota Komisi VI DPR RI ini.

Menurut Anggota Fraksi Demokrat DPR RI Dapil Bali ini aspirasi akar rumput melalui kader di bawah  juga telah dibuktikan dan diuji dengan metode politik sebelum menentukan dukungan kepada paslon yakni dengan survei elektibilitas kandidat yang dilakukan DPP Demokrat di Pilkada Badung.

Dari aspirasi arus bawah yang mengimplementasikan keinginan rakyat  untuk Pilkada Badung 2020, maka Ketua Umum DPP Demokrat realistis menimbang dan mengkaji hingga akhirnya memberikan rekomendasi ke Giriasa.

“Untuk membangun Kabupaten Badung,  Demokrat memerlukan sinergisitas dan kebersamaan dengan rakyat sehingga dalam Pilkada Badung diputuskan berkoalisi bersama PDI Perjuangan dengan mengusung Giriasa,” tandas Supadma Rudana yang juga Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI ini. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.