Denpasar (Metrobali.com) –

 

Peningkatan faktor keselamatan dan keamanan pada Daihatsu All New Xenia ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Kendaraan Low MPV berkapasitas 7 penumpang, New Xenia 1.3L CVT memang performanya maksimal dalam mengarungi jalur wisata Sanur – Kintamani PP dengan aman sentosa tanpa kendala apapun. Hal ini dibuktikan saat diselenggarakannya ‘Journalist Test Drive’ yang juga dirangkai dengan pemberian secara simbolis donasi Daihatsu Bali kepada Yayasan Peduli Kanker Anak Indonesia.

“All New Xenia menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), yakni platform terbaru Daihatsu yang dikembangkan dengan mengedepankan konsep kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien,” ujar Arief Budianto, Kepala Cabang Astra Daihatsu Denpasar Cokro-Tabanan-Gianyar, Jum’at (10/12/2021).

Rasa percaya diri kami hinggap sedemikian rupa setelah mengetahui bahwa mesin 1.3L New Xenia yang kami kendarai berteknologi NR-VE Dual VVT-i, serta transmisi CVT ini memiliki performa bertenaga, responsif, akselerasi yang halus, dan efisiensi bahan bakar lebih baik berkat sistem penggerak roda depan (FWD) serta fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A (Advances Safety Assist), yaitu sistem keamanan yang fungsinya memberikan warning (peringatan) atau menjalankan sistem braking (rem) apabila pengendara luput terhadap objek penghalang ketika berkendara. Sistem akan bekerja secara otomatis, sehingga pengendara dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Bahkan, juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag.

Baca Juga :
Trump: Pertempuran antiteror bukan pertarungan antaragama

Jalan menanjak dan berkelok terasa tak membuat supir dan penumpang penat dan lelah, New Xenia 1.3L CVT yang kami pacu ternyata cukup lincah dan punya akselerasi yang mumpuni, memenuhi ekspektasi setiap pengendara. Jarak tempuh sejauh 58.6 km antara Sanur – Kintamani menjadi santai menyenangkan dilalui.

Instrumen panel yang didesain untuk memberikan keleluasaan jarak pandang dalam berkendara, dan dilengkapi dengan tampilan head unit bertipe floating yang modern ditambah 2 Port USB Charger dibagian tengah bikin seluruh penumpang tak khawatir kehabisan battere pada gadgetnya.

Kabar baiknya, Daihatsu juga merombak sisi eksterior dan interior. Secara fisik All New Xenia sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, Grand New Xenia, yang tampil lebih sporty dan futuristik. All New Xenia dilengkapi lampu LED modern untuk semua tipe, dan fog lamp yang dimulai dari tipe 1.3 X, serta polished alloy wheel untuk semua tipe. Selain itu, perbedaan yang paling menonjol adalah penggunaan grill honeycomb untuk bumper depan yang membuat Xenia tipe ini berbeda dengan generasi sebelumnya. (hd)